Sabtu, 20 Oktober 2018

Pikul Kayu Jati, Petani Masuk Bui

Kamis, 15 Februari 2018 09:09:57 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Pikul Kayu Jati, Petani Masuk Bui

Jombang (beritajatim.com) - Trikut (43), warga Desa Munungkerep, Kecamatan Kabuh, Jombang, tepergok petugas Perhutani saat memikul kayu jati dari hutan. Petugas langsung membekuk petani tersebut kemudian diserahkan ke polsek setempat.

"Pelaku diduga mencuri kayu di kawasan hutan petak 3 MRPH Katemas, yakni di Desa Munungkerep. Saat ini pelaku kita tahan," ujar Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang Iptu Sarwiaji, Kamis (15/2/2018).

Sarwiaji mengatakan, tertangkapnya pelaku berawal ketika petugas Perhutani melakukan patroli rutin. Ketika melintas di kawasan hutan Desa Munungkerep, petugas melihat seseorang yang sedang memikul sebatang kayu jati.

Karena curiga, pemeriksaan pun dilakukan. Nah, dari situlah diketahui bahwa kayu gelondong tersebut hasil mencuri di hutan. Trikut kemudian dibawa ke Polsek Kabuh. "Selain menangkap pelaku, kami juga menyita barang bukti berupa kapak dan kayu jati sepanjang 2,7 meter dan diamater 16 sentimeter," katanya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 12 huruf (b) jo pasal 82 ayat 1 huruf (b) Undang-undang RI No. 18 Tahun 2013 Tentang pencegahan dan pemberantasan perusak hutan. [suf]

Tag : pencurian

Komentar

?>