Senin, 23 April 2018

Penggerebegan Teroris, Siapa Rizal Muzaki? Ini Keterangan Lengkapnya

Selasa, 13 Februari 2018 16:05:28 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Penggerebegan Teroris, Siapa Rizal Muzaki? Ini Keterangan Lengkapnya

Banyuwangi (beritajatim.com) - Terungkap sudah siapa Rizal Muzaki sebenarnya. Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman mengungkap siapa dan bagaimana peran pemuda asal Dusun Rejosari, Desa Benculuk, Kecamatan Cluring itu.

"Jadi Rizal Muzaki ini pernah melakukan pelemparan bom molotov di dua tempat di Polsek Cluring dan Samsat Benculuk, di Banyuwangi pada tahun 2016 silam," ungkap Kapolres melalui sambungan telp kepada wartawan, Selasa (13/2/2018).

Saat itu, kata Kapolres, kejadian tersebut ditindaklanjuti dengan proses laporan tertulis oleh kepolisian.

"Kemudian, dia itu ditangkap oleh Densus 88 di Poso, Sulawesi Tengah. Penangkapannya pada hari Minggu (11/2/2018). Ia ditangkap karena dicurigai terlibat jaringan. Ternyata setelah di mobiling betul, yang bersangkutan mengakui telah melakukan dua kegiatan tersebut di Banyuwangi," 

"Dan kemudian kita lakukan tindak lanjut penggeledahan di rumahnya," jelasnya.

Menurut Kapolres, dari rumah yang bersangkutan ini, Polisi Banyuwangi dan Densus 88 berhasil mengamankan sejumlah barang mencurigakan dan berbahaya. 

"Ada sablon tulisan berlafal seperti lambang isis, handphone yang sudah dimodifikasi dengan kabel, ada alat sablon lainnya dan botol berisi cairan mencurigakan, terus yang jelas ada besi kotak juga yang ujungnya terdapat sumbu serupa dengan mercon dan alat peledak serta barang bukti lainnya," terangnya. 

Dari penggerebekan Densus 88 kemarin, selain menggeledah rumah Rizal Muzaki, tim juga mendatangi kediaman rumah ayahnya di Kecamatan Purwoharjo. "Hasil keterangan dari orang tuanya, Rizal berada di Sulteng Sudah lama. Memang sejak kejadian pelemparan bom molotov itu dia menghilang dan diduga pergi ke Poso itu," imbuhnya. (rin/ted)

Komentar

?>