Rabu, 21 Nopember 2018

Bawa Sabu Tak Sampai 1 Gram, M Rochiem Dihukum 4 Tahun Penjara

Senin, 12 Februari 2018 16:57:36 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Bawa Sabu Tak Sampai 1 Gram, M Rochiem Dihukum 4 Tahun Penjara

Gresik (beritajatim.com) - Terdakwa M.Rochiem Setiawan (34) asal Desa Kelak, Kecamatan Kalitengah, Lamongan dihukum 4 tahun penjara 8 bulan oleh Pengadilan Negeri (PN) Gresik.

Terdakwa juga diminta membayar denda sebanyak Rp 800 juta. Jika tidak dibayar, terdakwa harus menerima gantinya dengan kurungan tiga bulan.

Dalam sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Bayu Soho Rahardjo mengatakan, terdakwa terbukti bersalah karena melanggar pasal 112 ayat (1) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Ada beberapa poin  yang membuat hakim menjatuhi hukuman lebih ringan. Terdakwa tidak pernah berbelit selama persidangan, dia mengakui semua kesalahannya," katanya, Senin (12/02/2018).

Masih menurut Bayu Soho Rahardjo, yang memberatkan terdakwa adalah perbuatannya merusak generasi muda. Sebab, tidak mendukung program pemerintah memberantas peredaran narkoba.

Vonis yang dibacakan Bayu Soho Rahardjo lebih ringan dibanding tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Yunita Ramadhani. Yang meminta terdakwa dihukum 7 tahun denda Rp 800 juta subsidair 6 bulan.

"Kami perlu konsultasi dulu dengan keluarga terdakwa," ujar penasehat hukum (PH) Lina Kamila dari Posbakum PN Gresik.

Seperti diberitakan, terdakwa diseret ke persidangan akibat membawa sabu seberat 0,98 gram yang disimpan di dalam bungkus rokok. Dia diringkus anggota Satreskoba Polres Gresik tahun lalu. [dny/but]

Tag : narkoba

Komentar

?>