Jum'at, 22 Juni 2018

Janji Bantu Gadaikan Motor, Kiki Malah Membawa Kabur

Rabu, 24 Januari 2018 18:02:10 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Janji Bantu Gadaikan Motor, Kiki Malah Membawa Kabur

Gresik (beritajatim.com) - Tersangka Kiki Adi Putra (23) pemuda asal Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat terpaksa harus mendekam di penjara. Kiki sapaan akrabnya diringkus polisi karena membawa motor hasil kejahatan di Jalan Safir Perumahan Pondok Permata Suci (PPS) Manyar, Gresik.

Terungkapnya kasus ini, berawal saat tersangka berdalih membantu temannya Zainul Khilmi (34) warga asal Desa Kramat, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik. Usai bertemu, tersangka malah menggadaikan motor korban dengan meminjam buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB).

Untuk melancarkan aksinya itu, tersangka berpura-pura bisa melancarkan usaha korban asal dipinjami BPKB. Setelah surat BPKB diberikan, tersangka malah membawa kabur dan tidak kembali. Namun, aksi tersangka itu tercium oleh polisi sehingga dalam waktu tidak lama. Polisi berhasil meringkus tersangka beserta barang buktinya.

"Saat kami tangkap ada dugaan motor hasil kejahatan itu akan dijual tersangka. Ini terbukti plat nomor kendaraannya sudah diganti dengan yang palsu," ujar Kasatreskrim Polres Gresik, AKP Adam Purbantoro, Rabu (24/01/2018).

Selain mengamankan tersangka, lanjut Adam Purbantoro, pihaknya juga menyita barang bukti berupa satu unit sepeda motor Yamaha Mio AE 6563 XY beserta surat BPKB dan STNK.

"Barang bukti sudah kami amankan, atas kasus ini kami menjerat tersangka dengan pasal 372 dan atau 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara," tandasnya. [dny/but]

Tag : curanmor

Komentar

?>