Rabu, 21 Februari 2018
Dibutuhkan Wartawan Kriminal di Surabaya, Usia Maks 27 Tahun, S1, Punya Pengalaman, Kirim lamaran ke beritajatim@gmail.com

Lecehkan Pancasila di FB, Ternyata Gadis Ini Tak Paham Teks Pancasila

Senin, 22 Januari 2018 20:54:15 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Lecehkan Pancasila di FB, Ternyata Gadis Ini Tak Paham Teks Pancasila

Malang (beritajatim.com) - Hasil pemeriksaan penyidik UPPA Satreskrim Polres Malang terhadap VAM, gadis berumur 14 tahun yang dianggap melecehkan isi Pancasila melalui laman facebook, ditenggarai lantaran VAM, hanya mengenyam pendidikan sampai kelas IV sekolah dasar.

"Dari keterangan yang kita dapat dari terlapor (VAM), tidak ada niatan untuk mencederai isi Pancasila. Umur yang belum dewasa, membuat VAM berperilaku seperti ke kanak-kanakan," ungkap Kasatreskrim Polres Malang AKP Adrian Wimbarda, Senin (22/1/2018) sore pada beritajatim.com pesca pemeriksaan.

Kata Adrian, karena masih belia dan latar pendidikan yang rendah, terlapor hanya ingin mencari ketenaran sesaat melalui media sosial. Sehingga, dari hasil mediasi sore ini antara terlapor dengan perangkat Desa Tegalsari, Kepanjen dan Ormas Pemuda Pancasila, apa yang dilakukan terlapor dianggap tidak ada niat melecehkan isi dari Pancasila.

"Ada unsur spontanitas, mencari ketenaran semata karena umurnya masih belia dan sikapnya ke kanak-kanakan. Terlapor juga sudah meminta maaf secara terbuka," papar Adrian.

Sementara itu, VAM sendiri saat diminta mengucapkan teks Pancasila sama sekali tidak bisa. Ia bahkan tak tahu dan tak pernah hafal bunyi lima butir Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia.

"Saya berjanji tidak akan mengulangi perbuatan saya di facebook, saya minta maaf yang sebesar-besarnya terkait kata-kata saya difacebook yang dianggap melecehkan Pancasila," kata VAM dihadapan wartawan, Penyidik UPPA Satreskrim, perangkat Desa Tegalsari Kepanjen dan juga Ormas Pemuda Pancasila Kepanjen, usai mediasi dan pemeriksaan dilakukan. (yog/kun)

Tag : pelecehan

Komentar

?>