Jum'at, 19 Januari 2018

Beraksi 15 Kali, Warga Sidoarjo Juga Tipu Anggota TNI

Jum'at, 12 Januari 2018 21:09:32 WIB
Reporter : Misti P.
Beraksi 15 Kali, Warga Sidoarjo Juga Tipu Anggota TNI

Mojokerto (beritajatim.com) - Anggota Satreskrim Polres Mojokerto berhasil membekuk pelaku penipuan dengan modus jual beli online. Erik Susanto warga Desa Tempel, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo mengaku sudah beraksi 15 kali beraksi. Bahkan, salah satu korbannya yakni anggota Korem 082 CPYJ/Mojokerto.

Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari laporan masyarakat yang merupakan salah satu anggota Korem 082 CPYJ/Mojokerto. "Anggota Korem ini mengaku kehilangan sepeda motor Kawasaki Ninja 250," ungkapnya, Jumat (12/1/2018).

Setelah dilakukan penyelidikan, lanjut Kapolres, petugas berhasil membekuk pelaku di Desa Tempel, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Dari hasil penyidikan, pelaku mengaku telah melakukan aksinya bertahun-tahun dan sudah melakukan penipuan sebanyak 15 kali.

"Pelaku mengaku sudah beraksi di wilayah Gresik, Surabaya, Sidoarjo dan Mojokerto baik di wilayah hukum Polres Mojokerto maupun Mojokerto Kota. Sebenarnya, petugas juga mengamankan satu pelaku lagi yang merupakan rekan pelaku," katanya.

Namun karena penangkapan di wilayah Gresik akhirnya pelaku dilimpahkan ke Polres Gresik. Di hadapan penyidik, pelaku mengaku melakukan aksinya dengan modus jual beli online. Pelaku menyamar sebagai pembeli saat para korban sedang memasang iklan di jual beli online.

"Petugas masih terus melakukan pengembangan karena selain sudah beroperasi di 15 TKP, dari hasil penyelidikan pelaku tidak bekerja sendirian. Pelaku dijerat Pasal 378 dan atau Pasal 372 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman 4 tahun kurungan penjara," jelasnya. [tin/suf]

Tag : penipuan

Komentar

?>