Minggu, 23 September 2018

Dugaan Gratifikasi Proyek Pemerintah

Kejari Bojonegoro Limpahkan Kasus ke Pengadilan Tipikor Surabaya

Jum'at, 12 Januari 2018 17:00:19 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Kejari Bojonegoro Limpahkan Kasus ke Pengadilan Tipikor Surabaya

Bojonegoro (beritajatim.com) - Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro, Agus Budiarto, mengatakan dalam waktu dekat pihaknya segera melimpahkan perkara dugaan gratifikasi yang dilakukan pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemkab Bojonegoro.

"Sedang dipersiapkan surat dakwaan untuk segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor di Surabaya," ungkapnya, Jumat (12/1/2018).

Tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi tersebut yakni, Kepala Bagian Pemerintahan, Pemkab Bojonegoro, Supi Haryono. Tersangka oleh Penyidik Kejari Bojonegoro kini ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A, Bojonegoro. Penahanan dilakukan kemarin usai diperiksa di kantor Kejari. "Iya, ditahan," terangnya. 

Sebelumnya, dalam penyidikan yang dilakukan Polres Bojonegoro, tersangka tidak ditahan. Penyidik tidak menahan tersangka karena mengabulkan pengajuan penangguhan penahanan yang diajukan oleh Sekda Bojonegoro. "Jaminannya Pak Sekda," ujar Kasat Reskrim Polres Bojonegoro, AKP Daky Dzulqarnain dalam kesempatannya.

Penyidik Polres Bojonegoro kini juga tengah melakukan penyidikan kasus tersebut dengan tersangka Marfuah. Yakni pihak penyuap yang merupakan rekanan pemenang lelang pengerjaan gedung Kantor Kecamatan Sukosewu. "Perkara dalam kasus ini displit (pisah)," jelasnya.

Sekadar diketahui, proyek pembangunan gedung kantor Kecamatan Sukosewu ini dilakukan pada tahun 2016 lalu. Proyek senilai Rp1,9 miliar itu dilelang. Dalam dokumen Siatem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) ada 17 rekanan yang ikut lelang pengerjaan gedung tersebut dan dimenangkan oleh Marfuah.

Rekanan yang menang itu kemudian memberi suap kepada Supi selaku PPK dalam proyek itu. Suap itu senilai Rp125 juta dan diduga digunakan oleh Supi sebagai uang muka pembelian mobil Innova. [lus/ted]

Komentar

?>