Jum'at, 14 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Saber Pungli Malang Bekuk Kaur Umum, Kades Lolos

Sabtu, 16 Desember 2017 14:46:26 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Saber Pungli Malang Bekuk Kaur Umum, Kades Lolos

Malang (beritajatim.com) - Tim Saber Pungli Polres Malang meringkus Muhammad Zaeni (50) selaku Kaur Umum Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Dalam penggrebekan pada Kamis (14/12/2017) malam sekira pukul 19.00 wib, Zaeni diduga menerima uang pungli pengurusan surat-surat akta tanah dari warga setempat senilai Rp.16 juta.

Usai menerima uang tersebut, Zaeni berdalih akan memberikan uang hasil pungli ke Kades Saptorenggo, Bambang Roni Hermawan. Tim Saber yang bergerak, lalu meringkus Kades di rumahnya. Namun, setelah melalui proses penyidikan di Satreskrim Polres Malang, Bambang akhirnya dibebaskan. Meski kurang cukup bukti, Bambang pun dikenakan wajib lapor.

“Satu orang kita tetapkan sebagai tersangka. Yakni Muhammad Zaeni. Sementara Kades Saptorenggo, masih berstatus saksi. Yang bersangkutan kita kenakan wajib lapor,” ungkap Ketua Tim Saber Pungli Polres Malang, Kompol Decky Hermansyah, Sabtu (16/12/2017) siang.

Kata dia, meski bersratus wajib lapor, Bambang selaku kades tidak menutup kemungkinan dijadikan tersangka dalam kasus tersebut. “Ini baru tahap awal, karena penyidik masih terus melakukan penyidikan termasuk mengumpulkan bukti-bukti lainnya,” beber Decky.

Penangkan Kaur Umum dan Kades Saptorenggo berawal dari pengurusan surat tanah yang dilakukan pemohon atas nama Sugeng, warga Dusun Bulurejo, Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, sebagai biaya  pengurusan pembuatan Akta 2 bidang tanah di Dusun Bugis, Desa Saptorenggo.

Setelah Sugeng memberikan uang Rp.16 juta pada Zaeni, Tim Saber Pungli langsung bergerak dan meringkus Kaur Umum. Dari sinilah diketahui jika uang pungli tersebut, akan diserahkan pada Kades Saptorenggo, Bambang.

Guna memastikan kebenaran dari keterangan Zaeni, Tim Saber meminta pada Zaeni untuk menghubungi Kades Saptorenggo dan dari hasil percakapan tersebut, tersimpan dalam rekaman. Tim Saber lalu meluncur ke rumah Kades‎ di Jalan Bugis RT. 02/04, Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Meski koperatif saat digelandang ke Polres Malang, melalui penyidikan 1x24 jam, Kades Saptorenggo pun akhirnya dibolehkan pulang. Ia hanya diminta wajib lapor.

“Tersangka Zaeni kita jerat pasal 12 e UU nomer 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi,” tambah Kompol Decky. [yog/but]

Tag : pungli

Komentar

?>