Sabtu, 23 Juni 2018

Bentuk Pendekar Lantas, Pesilat Dibekali Ini

Rabu, 13 Desember 2017 23:39:43 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Bentuk Pendekar Lantas, Pesilat Dibekali Ini

Ponorogo (beritajatim.com) - Pikiran tentang pendekar selalu bikin onar, sedikit demi sedikit dirubah oleh Polres Ponorogo. Pasalnya, Polres Ponorogo membentuk pendekar lalu lintas.

Kapolres Ponorogo AKBP Suryo Sudarmadi menjelaskan, pendekar Lalu Lintas tersebut terdiri dari berbagai perguruan pencak silat dari 21 pencak silat di Kabupaten Ponorogo. "Kita ubah pikiran yang negatif," kata Suryo kepada beritajatim.com, Rabu (13/12/2017).

Dia mengatakan, pelatihan pembentukan pendekar pencak silat tersebut dilaksanakan di Polres Ponorogo dan nantinya akan dibekali ilmu tentang peraturan berlalu lintas, mulai dari pengaturan lalu lintas sampai TPTKP laka lantas.

"Nanti diberikan ilmu tentang lalu lintas serta peraturan lalu lintas, tertib berlalu lintas sampai pada penganangnan pertama pada kecelakaan lalu lintas," terangnya.

Bertempat di Polres Ponorogo selama dua hari, mereka dilatih dan dididik oleh Satlantas Polres Ponorogo. Mengenai dasar-dasar kelalulintasan, baik berupa pedoman tertib berlalu lintas, safety riding, dan latihan dua belas (12) gerakan pengaturan lalu lintas.

Kapolres menambahkan, jika sebelumnya dalam setiap event masing-masing perguruan beladiri pencak silat membawa pengaruh terhadap Kamseltibcar lantas, dengan dampak negatif yang ditimbulkan antara lain berupa kemacetan lalu lintas.

Juga bentuk pelanggaran lalu lintas seperti kenalpot bising,tidak memakai helm, tidak ada spion, serta kelengkapan lainnya sebagai faktor penyebab terjadinya laka lantas. Harapannya, setelah dibentuk, yang terjadi sebaliknya, dari negatif menjadi positif. [mit/suf]

Tag : lalu lintas

Komentar

?>