Jum'at, 19 Januari 2018

Usai Dipijat, Wanita Asal Porong Serahkan 2 Motor ke Penipu

Rabu, 13 Desember 2017 18:03:03 WIB
Reporter : M. Ismail
Usai Dipijat, Wanita Asal Porong Serahkan 2 Motor ke Penipu

Sidoarjo (beritajatim.com) - Entah apa yang merasuki Ainun Fitria (31), warga Desa Lajuk RT 03 RW 01 Kecamatan Porong ini. Dia dua kali ditipu Rochim (36) alias Abdullah Asegaf warga Jalan Jenderal Sudirman RT 01 RW 05 Mandaranrejo Kab. Pasuruan, yang dikenalinya via Facebook.

Ceritanya, korban Ainun berkenalan ama pelaku Rochim. Enam bulan jalan, keduanya semakin akrap dan janjian ketemu darat. Tepatnya Sabtu (9/9/2017)  pukul 21.20 WIB, keduanya sepakat bertemu di Alun-alun Bangil Kab. Pasuruan.

Saat bertemu, korban mengeluh pada tersangka kalau dirinya mengidap penyakit Ispa. Mendengar keluhan Ainun, pelaku pasang badan menyanggupi bisa menyembuhkan dengan mediasi pijat. Keduanya akhirnya berboncengan menuju rumah korban di Desa Lajuk Kec. Porong.

"Usai memijat, tersangka meminjam motor Honda Scoopy Nopol W 6152 PD milik korban untuk pulang. Saat itu korban tidak menaruh curiga dan meminjamkannya," kata Kapolsek Porong Kompol Adreal Rabu (13/12/2017).

Andreal menambahkan, motor itu tak kunjung dikembalikan oleh pelaku. Sebulan berlalu, tersangka kembali mendatangi korban namun tidak membawa motor korban yang dipinjam sebelumnya dengan alasan sedang dipakai tetangganya.

"Berdalih akan mengobati orang sakit, tersangka kembali meminjam motor Yamaha Vega Nopol L 2728 GS milik korban dan kembali lagi," terangnya.

Lama tak kembali dan saat dikontak tak ada iktikad baik, korban akhirnya melapor ke Polsek Porong. Setelah laporan Unit Reskrim Polsek Porong melakukan pengejaran dan berhasil menangkap tersangka dirumahnya.

"Tersangka mengaku kalau motor yang dipinjamnya digadaikan Rp 2 juta dan motor satunya dijual Rp 3 juta untuk menebus motor yang digadaikan," ungkap Adreal dengan menyebut tersangka dijerat pasal 378 dan 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan. [isa/but]

Tag : penipuan

Komentar

?>