Senin, 18 Desember 2017

Tiga TKP, Spesialis Pencuri Brankas Kantongi Rp300 juta Lebih

Selasa, 21 Nopember 2017 16:38:29 WIB
Reporter : Misti P.
Tiga TKP, Spesialis Pencuri Brankas Kantongi Rp300 juta Lebih

Mojokerto (beritajatim.com) - Pelaku specialis pencuri brankas mengaku telah beraksi di tiga lokasi berbeda di wilayah hukum Polres Mojokerto. Dari satu lokasi yakni PT Mitra Usaha Sukses Sejahtera (Unilever) Mojosari, para pelaku berhasil menguras isi brankas sebesar Rp 73 juta, total dari tiga lokasi lebih dari Rp 300 juta.

Kapolres Mojokerto, AKBP Leonardus Simarmata mengatakan, pelaku saat beraksi di PT Mitra Usaha Sukses Sejahtera (Unilever) Mojosari pada tanggal 11 Oktober 2017 berhasil membawa kabur isi brankas sebesar Rp73 juta. "Pelaju masuk dari arah belakang pabrik," ungkapnya, Selasa (21/11/2017).

Masih kata Kapolres, setelah masuk para pelaku langsung mencari tempat brankas disimpan. Setelah menemukan langsung membuka dengan menggunakan sejumlah peralatan yang telah disiapkan seperti gergaji, guling untuk mengelindingkan brankas, tali dan lainnya.

"Selain di PT Mitra Usaha Sukses Sejahtera (Unilever) Mojosari pada tanggal 11 Oktober 2017, dua lokasi lain yakni di PT Sari Tani Mojosari pada tanggal 14 April 2016 dan tanggal 19 Nopember 2016 serta di PT Best Kutorejo pada bulan Mei 2017. Total dari ketiga lokasi, uang yang berhasil dikuras senilai lebih Rp300 juta," jelasnya.

Selain mengaku membobol brankas di tiga lokasi, para pelaku juga mengaku telah melakukan aksi di luar wilayah hukum Polres Mojokerto. Yakni di distributor Ciki di Bojonegoro, gudang jagung di Jombang, Tulungagung, Lamongan, Sidoarjo dan Trenggalek. Pihaknya saat ini berkoordinasi dengan sejumlah polres terkait.

"Kasus ini masih dalam pengembangan, karena masih ada pelaku yang masih buron serta kita koordinasi dengan polres lain untuk mengungkap kasus ini. Keduanya dijerat Pasal 363 ayat (3), (4) & (5) KUHP tentang Pencurian dengan pemberatan ancaman 9 tahun penjara," pungkasnya.[tin/kun]

Komentar

?>