Sabtu, 16 Desember 2017

Polisi dapat SIM C Gratis dari Satlantas Polres Pasuruan

Kamis, 16 Nopember 2017 17:24:49 WIB
Reporter : M. Ismail
Polisi dapat SIM C Gratis dari Satlantas Polres Pasuruan

Pasuruan (beritajatim.com) - Wajah Polisi (22), remaja asal Dusun Pangarengan, Desa Kalipang Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, tampak sumringah setelah dinyatakan lulus dalam ujian medapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara gratis di Mapolres Kabupaten Pasuruan, Kamis (16/11/2017).

SIM ini sebagai bentuk hadiah kepada Polisi. Nama Polisi dikenal khalayak ramai dan viral saat terjaring razia Operasi Zebra 6 November lalu. Polisi ditilang karena tidak memiliki SIM C.

Selama ini, Polisi sudah berniat untuk membuat dan mengurus SIM, namun karena kondisi ekonominya yang pas-pasan, membuat anak yatim itu harus mengurungkan niatnya.

Kendati diberi SIM secara cuma-cuma, Polisi ini harus tetap mengikuti prosedur yang ditentukan untuk persyaratan membuat SIM. "Proses pembuatan SIM dilalui semuanya oleh Polisi," kata Kasatlantas Polres Kabupaten Pasuruan, AKP Erika Purwana Putra.

Erika Purwana Putra menambahkan, hadiah ini merupakan bentuk apresiasi kepolisian terhadap dia (Polisi, red) sebagai seorang polisi sejak lahir. "Kami berikan hadiah ini, agar dia tidak ditilang polisi lagi ke depannya," tambahnya.

Ia menerangkan, selain itu pihaknya juga memberikan pemahaman dan teori dasar tentang berlalu lintas. Kata dia, banyak orang yang punya SIM, tapi tidak paham dengan teori dasar dalam berkendara di jalan raya.

Maka dari itu, ia memberikan pemahaman ke Polisi ini untuk ikut menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas. "Tadi saya pesan ke dia, Polisi, habis ini jangan lupa bawa SIM, karena sudah punya SIM. Saya apresiasi, kemarin dia ditilang karena tidak memiliki SIM, tapi perlengkapan berkendara lainnya sudah digunakan, seperti helm dan sebagainya. Semoga ini bisa dipertahankan," imbuhnya.

Sementara itu, Polisi mengaku sangat senang sudah mempunyai SIM C. Ia merasa terhormat saat dihubungi dan mendapatkan kesempatan mengikuti tes SIM. Ia tidak menyangka akan lulus, karena sebelumnya ia tidak pernah belajar terkait dengan teori dalam berkendara.

"Saya sangat senang sekali. Alhamdulillah, ke depannya saya tidak bakalan ditilang sama pak polisi, karena saya sekarang sudah punya SIM secara resmi. Terima kasih pak," tuturnya.

Polisi juga berjanji kepada polisi dan dirinya sendiri untuk tertib dalam berkendara. Polisi akan mematuhi aturan yang ada. "Saya janji akan menjaga ketertiban dalam berkendara dan tidak akan menyalahgunakan SIM ini. Saya akan gunakan jika diperlukan. Terima kasih, saya juga diberi sedikit tentang pemahaman tertib dalam berlalu lintas di jalan raya, dan etika dalam berkendara," papar Polisi.

Sekadar diketahui, Polisi mendadak menjadi perbincangan di dunia maya. Namanya memang tak lazim seperti nama orang pada umumnya, melainkan menyerupai seperti sebuah profesi. Bahkan, beberapa hari terakhir, polisi, remaja ini menjadi buah bibir warganet di Kabupaten Pasuruan setelah surat tilangnya beredar di media sosial (medsos).

Pada 6 November lalu, Polisi terjaring razia gabungan oleh Satlantas Polres Kabupaten Pasuruan dalam rangka Operasi Zebra. Nah, saat itulah polisi tidak bisa menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM) miliknya.

Alhasil, Polisi pun ditilang polisi. Nah, tanpa disadarinya, ternyata surat tilang beserta Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya ini difoto oleh seorang anggota polisi. Dan akhirnya menjadi viral di medsos atau grup whatsapp. (isa/kun)

Komentar

?>