Rabu, 22 Nopember 2017

2019, Plat Nomor Kendaraan Diubah Menjadi Putih

Selasa, 14 Nopember 2017 00:21:54 WIB
Reporter : -
2019, Plat Nomor Kendaraan Diubah Menjadi Putih

Jakarta (beritajatim.com) - Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) berencana akan mengubah plat nomor kendaraan dari warna hitam menjadi putih. Hal itu dilakukan untuk memudahkan proses identifikasi kendaraan melalui CCTV atau melalui Electronic Road Pricing (ERP).

"Dalam proses perubahan, regulasi-regulasi harus diselesaikan dulu, kemudian kajian-kajian dan lain-lain yang sudah sebagiannya," kata Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/11/2017).

"Regulasi pokok kajian mengatakan bahwa untuk eyecatching di kamera harus cepat warna terang gitu, itu lebih mudah ya kalau hitam tidak tidak bisa, tidak dapat menangkap, tapi lebih mudah kalau warna terang warna terang tapi putih," ujarnya.

Sementara jika plat putih, maka tulisan di plat tersebut direncanakan berwarna biru tua atau hitam. Royke menambahkan pergantian plat nomor tersebut tidak dilakukan secara serentak.

"Ya itu kan kalau lancar 2019 itu baru bertahap, tidak serentak semua semua warna hitam di pindahkan menjadi putih. Yang di putihkan adalah kendaraan baru hari ini, misal daftar beli motor baru mobil baru ya, platnya disesuaikan. Sementara bagi yang sudah terlanjur, tunggu 5 tahun berikutnya pas pergantian plat," paparnya.

"Kemungkinan 2019 baru jalan kalau lancar karena tergantung anggaran karena merubah plat dengan spek yang tinggi tidak asal karena harapan kami lihat itu speknya ada data-data kendaraannya di kendaraan itu, kalau bisa jadi sekalian," tandasnya. [inilah.com]

Tag : lalu lintas

Komentar

?>