Kamis, 23 Nopember 2017

Penipuan Modus Sebar Undian, Komplotan Ini Raup Rp 2,5 Miliar

Minggu, 29 Oktober 2017 19:41:12 WIB
Reporter : Ragil Priyonggo
Penipuan Modus Sebar Undian, Komplotan Ini Raup Rp 2,5 Miliar

Surabaya (beritajatim.com) - Unit Pidek Satreskrim Polrestabes Surabaya, Senin 23 Oktober 2017, telah melakukan penangkapan terhadap delapan terdiri dari Abdul Malik (41) warga asal Jalan Lapada, Kelurahann Pangkajene, Maritengngae, Sidenreng Rappang, Sulsel atau yang tinggal di Jalan Sutorejo Utara Gang 4 nomor 4, Surabaya.

Sedangkan untuk tujuh orang yakni Irsan Petang (34), Adi,(30), Reno Firmansyah (32), Sapri (47), Jum Agus (40), terakhir Muh Yusuf (36) serta Supriadi (30), yang  diketahui warga asal Sidareng Rappang, Sulawesi Selatan.

"Komplotan ini kita tangkap di rumah kontrakan milik Abdul Malik," kata Kapolrestabes Surabaya, Kombespol Mohammad Iqbal, Minggu (29/10/2017).

Dalam kasus penipuan ini, komplotan tersebut melakukan dengan modus meninggalkan dokumen dan menyebar kupon undian. Iqbal menjelaskan, penangkapan delapan tersangka ini diringkus setelah pihaknya menerima laporan Marsiah salah satu korban yang tinggal di Jalan Bogen Jalan Bogen 2/25 BLK Surabaya.

Atas adanya laporan, anggota melakukan penyelidikan selama tiga hari dimulai dari mencari keberadaan pelaku yang memang cukup sulit dilacak. "Meski demikian, berkat usaha keras tim anti bandit, kami berhasil membongkar dan menangkap semua pelakunya," ungkapnya.

Kasat Rekrim Polrestabes Surabaya, AKBP Leonard M Sinambela menambahkan, penipuan yang dilakukan delapan tersangka mampu meraup uang rata-rata Rp50 juta setiap bulan. Jumlah tersebut, diperoleh dari tiga hingga sampai lima korban yang berhasil diperdaya.

"Kalau dikalkulasi dalam empat tahun ini, uang yang dikumpulkan uang sebanyak Rp 2,5 Miliar, dan menurut mereka uangnya dipakai untuk biaya hidup di Surabaya. Kemudian untuk membeli sejumlah kendaraan mulai dari motor dan satu unit mobil," tandas Leo. [gil/suf]

Tag : penipuan

Komentar

?>