Sabtu, 18 Nopember 2017

Kabur 10 Bulan, Buron Kasus Penipuan Diringkus

Sabtu, 21 Oktober 2017 10:41:53 WIB
Reporter : Misti P.
Kabur 10 Bulan, Buron Kasus Penipuan Diringkus

Mojokerto (beritajatim.com) - Untung (39) warga Dusun Cepoko, Desa Sambilawang, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto diringkus anggota Satreskrim Polres Mojokerto. Sebelumnya, dia kabur ke Surabaya selama 10 bulan.

Kasubbag Humas Polres Mojokerto, AKP Sutarto mengatakan, penipuan yang dilakukan Untung terjadi pada Minggu (18/12/2016) sekira pukul 16.00 WIB. "Modusnya, pelaku membeli dua set terop lengkap dan sound system seharga Rp60 juta," ungkapnya, Sabtu (21/10/2017).

Masih kata Kasubbag Humas, pelaku membeli terop dan sound system tersebut dari Moh Sunarto (52) warga Dusun Bagen, Desa Sumberagung, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Barang-barang tersebut sudah dibawa ke rumah kontrakan Untung.

"Pelaku mengontrak sebuah rumah di Dusun Ponggok, Desa Wonoploso, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, barang pesanan pelaku diantar korban ke rumah kontrakan milik pelaku tersebut. Namun pada waktu pembayaran, barang sudah tidak ada dan pelaku tidak mau membayar," katanya.

Saat ditagih uang pembelian barang tersebut, lanjut Kasubbag Humas, pelaku tidak mau membayar dan tidak mau menjelaskan keberadaan terop dan sound sistem itu. Korban pun melaporkan aksi penipuan tersebut ke Mapolsek Gondang.

"Mengetahui perkaranya dilaporkan ke Polsek Gondang, pelaku melarikan diri ke wilayah surabaya dan baru tertangkap pada Jumat kamarin sekira pukul 12.00 WIB. Pelaku diringkus petugas saat berada di jalan dusun sekitar rumah kontrakan," ujarnya.

Dari tangan Untung, petugas mengamankan dua set terop lengkap, satu buah tempat sound system dan tiga buah box sound system. Pelaku pun dijerat dengan pasal berlapis yakni Pasal 378 KUHP Jo pasal 372 KUHP. [tin/suf]

Tag : penipuan

Komentar

?>