Sabtu, 16 Desember 2017

KPK Bisa Kembali Tetapkan Novanto Tersangka

Senin, 02 Oktober 2017 07:28:45 WIB
Reporter : -
KPK Bisa Kembali Tetapkan Novanto Tersangka

Jakarta (beritajatim.com) - Pakar Hukum Pidana Abdul Fikar Hajar menganggap Hakim Tunggal Cepi Iskandar telah mengingkari kenyataan kompleksnya perkara yang menjerat Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka.

Ia menuturkan, status tersangka Novanto merupakan rangkaian dari satu kesatuan dengan perkara terdakwa kasus e-KTP sebelumnya.

"Karena itu, KPK dapat kembali menetapkan kembali segera SN sebagai tersangka, berdasarkan alat bukti yang telah didapatkan dalam penyidikan," ujar Fikar di Jakarta, Minggu (1/10/2017).

Adapun alat bukti yang dimaksudnya antara lain keterangan saksi dan ahli, surat setelah meningkatkan penyidikan serta sprindik (surat perintah penyidikan) baru.

"KY hrs turun tangan memeriksa hakim untuk meneliti apakah pendapat hakim sekadar tindakan unprofesional ataukah dugaan hakim menerima sesesuatu dalam memutuskan perkara tersebut.

"Dalam menetapkan tersangka, KPK sudah cukup prudent. Itulah sebabnya, terdakwa KPK tidak ada satupun yang lolos di pengadilan," paparnya.

Disamping itu, menurutnya KPK tidak akan pernah membawa seseorang ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) tanpa bukti yang kuat.

"Tentunya selain KPK mempunyai kewenangan lebih seperti sadap dan melakukan penyitaan tanpa harus izin pengadilan. Itu pula sebabnya KPK tidak punya kwenangan SP3," pungkasnya. [inilah.com]

Tag : e-ktp

Komentar

?>