Senin, 11 Desember 2017

KPK Siap Tetapkan Setnov sebagai Tersangka Lagi?

Jum'at, 29 September 2017 21:23:52 WIB
Reporter : -
KPK Siap Tetapkan Setnov sebagai Tersangka Lagi?

Jakarta (beritajatim.com) - Kepala Biro Hukum KPK Setiadi mengatakan pihaknya menghargai putusan sidang praperadilan kasus dugaan korupsi eKTP yang diajukan Ketua Umum Golkar Setya Novanto.

Dia menyiratkan Novanto belum aman. KPK akan mempelajari dan meneliti ulang hasil putusan Hakim tunggal Cepi Iskandar.

"Yang mana di dalam aturan MA menyebut bahwa apabila dalam penetapan tersangka dibatalkan, penyidik dibenarkan untuk mengeluarkan surat perintah baru," katanya usai persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017).

KPK masih bisa menjerat kembali Novanto sebagai tersangka. Itu dilakukan mengacu kepada peraturan Mahkamah Agung (MA) Nomor 4 Tahun 2016.

Biro Hukum KPK akan mengevaluasi titik yang menjadi kelemahannya. Tim penyidik, jaksa, dan pimpinan, akan berkumpul untuk menyusun strategi baru.

"Kami akan melakukan konsolidasi dan evaluasi. Dalam hal putusan ini kami tak boleh melakukan eksaminasi atau apapun komentar," ujarnya.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan, menerima permohonan praperadilan yang diajukan oleh tersangka dugaan korupsi proyek pengadaan e-KT Setya Novanto dalam sidang praleradilan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017).

Penetapan tersangka terhadap Novanto oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dinyatakan tidak sah oleh hakim tunggal Cepi Iskandar. Hakim praperadilan juga menerima sebahagian permohonan praperadila Setya Novanto.

"Menyatakan penetapan tersangka Setya Novanto yang dikeluarkan oleh termohon tidak sah," kata hakim tunggal Cepi Iskandar.

Cepi menilai sprindik Novanto sebagai tersangka tidak sah. Hakim menilai sprindik Novanto yang dikeluarkan KPK tidak menunjukkan proses penyelidikan terhadap Novanto. [but]

Sumber : Inilah.com
Tag : e-ktp

Komentar

?>