Sabtu, 16 Desember 2017

Polri Hormati Kepolisian Amerika Usut Kasus Suap Uber

Jum'at, 22 September 2017 12:09:51 WIB
Reporter : -
Polri Hormati Kepolisian Amerika Usut Kasus Suap Uber

Jakarta - Belakangan ini marak beredar info adanya kasus suap yang dilakukan perusahaan jasa transportasi online Uber terhadap kepolisian RI. Polri menghormati langkah kepolisian AS yang sedang menangani kasus tersebut.

"Polri menghormati kepolisian AS yang sedang menyelidiki kasus tersebut, jika ditemukan fakta dan bukti menurut sistem pembuktian Indonesia, maka Polri Akan berpegang teguh kepada hukum positif Indonesia," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto dalam siaran pers, Jumat (22/9/2017).

Menurut Setyo, penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian Amerika Serikat merupakan yurisdiksi otoritas Amerika Serikat. Polri juga menegaskan akan patuh jika memang ditemukan perbuatan pidana.


"Tentu ini adalah yurisdiksi dari otoritas kepolisian Amerika Serikat dalam rangka penegakan hukum yang kemudian diduga ada hubungannya dengan petugas Polri," katanya.

"Polri tidak akan mentolelir perbuatan pidana dan pelanggaran hukum apapun yang dilakukan oleh oknum petugas Polri," bebernya.

Sebagaimana dilaporkan Bloomberg yang mewawancarai beberapa sumber, Departemen Kehakiman AS menyoroti pembayaran tak lazim yang dilakukan Uber tahun 2016.

Disebutkan bahwa kepolisian Indonesia menjelaskan kepada Uber bahwa kantor mereka di Jakarta terletak di wilayah yang seharusnya tidak diperbolehkan untuk membuka usaha. Sumber Bloomberg mengungkap seorang karyawan Uber kemudian beberapa kali mengirim uang kepada polisi agar Uber dapat terus beroperasi di kantor tersebut. [inilah.com]

Tag : uber online

Berita Terkait

    Komentar

    ?>