Rabu, 20 September 2017

Wajib Pajak Kendaraan di Sidoarjo Sudah Bisa Bayar Online

Selasa, 12 September 2017 18:07:42 WIB
Reporter : M. Ismail
Wajib Pajak Kendaraan di Sidoarjo Sudah Bisa Bayar Online

Sidoarjo (beritajatim.com) - Kemajuan tehnologi dimanfaatkan Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKA) Sidoarjo dan Samsat Sidoarjo dalam melayani para wajib pajak.

Kini para wajib pajak di Sidoarjo sudah bisa menikmati fasilitas pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui system' online.

Dikatakan Kabid Administratif Pelayanan PKB dan BBN-KB melalui Operator System Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Sidoarjo, Shery Hariyadi, bayar pajak online mampu mengakomodasi kebutuhan wajib pajak yang selama ini masih menjadi kendala.

"Dengan fasilitas ini (system' online red,) para wajib pajak akan mengalami kemudahan," katanya Selasa (12/9/2017).

Dia menambahkan, dalam menggunakan fasilitas ini, sebagaimana perpanjangan wajib pajak pada umumnya.

Masyarakat hanya menyiapkan KTP dan STNK lalu mengakses nya melalui E-Samsat Sidoarjo

"Tinggal masukan saja data nomor identitasnya dan STNK nya, barulah nanti akan muncul notice dan nominal untuk pembayaran pajak. Terkecuali, Plat nomor yang memang sudah mati atau ganti baru, masyarakat langsung datang ke kantor Samsat," jelas Shery.

Penggunaan E-Samsat ini lanjutnya, untuk  memudahkan transaksi pembayaran pajak sesuai tanggal berlaku.

Selain meminimalisir waktu tunggu, juga tidak perlu datang ke kantor Samsat. "Mau diluar negeri, luar kota dan manapun, jika masyarakat atau wajib pajak ingin membayar pajak langsung saja akses melalui E-Samsat," tandasnya.

Sementara, Kanit Regiden Satlantas Sidoarjo melalui Baur STNK Samsat Sidoarjo, Aiptu Susetyo menyambut baik program Polri tentang Samsat Online.

Pihaknya bersama Dispenda Sidoarjo sudah menerapkan pembayaran pajak berbasis online.

"Kalau pembayaran pajak online sudah lama diterapkan. Hanya saja untuk saat ini kami tengah fokus untuk STNK online," imbuhnya.

Diakui Susetyo, dalam sistem online, banyak memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi baik pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, validasi, penomoran (plat nomor) maupun BPKB dengan system' online yang terintegrasi dengan Polda Jatim. 

Untuk STNK online? Pihaknya masih belum bisa berkomentar banyak lantaran masih dalam tahap kajian dan persiapan alat-alat kelengkapan. (isa/ted)

Tag : samsat

Komentar

?>