Selasa, 26 September 2017

Henry J Gunawan Diperiksa Mabes Polri di Medaeng, Terkait Pasar Turi

Selasa, 22 Agustus 2017 17:53:19 WIB
Reporter : Arif Fajar Ardianto
Henry J Gunawan Diperiksa Mabes Polri di Medaeng, Terkait Pasar Turi
Foto Ilustrasi

Surabaya (beritajatim.com) - Penyidik Bareskrim Mabes Polri memeriksa Henry J Gunawan, bos PT Gala Bumi Perkasa di Rutan Klas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo. Henry diperiksa terkait kasus penipuan dan penggelapan uang pedangang Pasar Turi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, beberapa penyidik Bareskrim mendatangi kantor Kejari Surabaya di Jalan Raya Sukomanunggal Jaya pekan lalu. Kedatangan penyidik untuk meminta izin memeriksa Henry kepada Didik Farkhan Alisyahdi, Kepala Kejari Surabaya.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Didik tidak membantahnya. “Iya benar, beberapa hari yang lalu penyidik Mabes Polri minta izin ke kami untuk memeriksa Henry di Rutan Medaeng,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (22/8/2017).

Didik menjelaskan, terkait permintaan izin pemeriksaan Henry tersebut pihaknya telah memberi izin kepada penyidik.

“Sudah kami izinkan, dan sudah diperiksa di Rutan Medaeng,” tegasnya.

Saat ditanya apakah penyidik memeriksa Henry terkait kasus penipuan dan penggelapan laporan para pedagang Pasar Turi, Didik membenarkannya.

“Terkait kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang pedagang Pasar Turi,” bebernya.

Henry merupakan investor pembangunan pasar Turi. Dia diduga menggelapkan dan menipu sebanyak 3.600 pedagang di pasar Turi. Modusnya, investor memungut biaya sertifikat hak milik atas kios pedagang.

Saat itu, ribuan pedagang Pasar Turi melaporkan Henry ke Polda Jatim pada Januari 2015. Setelah melakukan penyidikan, Mabes Polri akhirnya memutuskan untuk mengambil alih kasus tersebut.

Sebelumnya, Henry ditahan di Rutan Medaeng atas kasus penipuan dan penggelapan atas laporan notaris Caroline C Kalampung. Henry di tahan usai menjalani pelimpahan tahap dua dari penyidik Polrestabes Surabaya ke Kejari Surabaya. [rif/but]

Tag : pasar turi

Komentar

?>