Jum'at, 15 Desember 2017

Polisi Bongkar Produsen Sabun Ilegal

Senin, 19 Juni 2017 16:19:55 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Polisi Bongkar Produsen Sabun Ilegal

Gresik (beritajatim.com)- Jajaran Satreskrim Polres Gresik membongkar produsen sabun ilegal tanpa dilengkapi perizinan di Desa Mojowuku, Kecamatan Kedamean, Gresik. Sebanyak 100 jirigen ukuran 3 liter milik UD Mawar Berkar Mandiri berhasil diamankan.

Selain menyita 100 jirigen sabun ilegal, polisi juga mengamankan satu tersangka Rudi Wijaya (34) warga asal Simokerto, Surabaya yang juga pemilik UD Mawar Berkar Mandiri.

Wakapolres Gresik Kompol Wahyu. P Utama mengatakan, terbongkarnya kasus tersebut berawal saat polisi mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya pabrik sabun yang tidak dilengkapi perizinan. Mendapat informasi tersebut, polisi melakukan penyelidikan. Hasilnya, ada produk sabun yang tidak dilengkapi izin usaha.

"Dalam proses produksinya tersangka dibantu 6 karyawannya. Produksi yang dihasilkan selain sabun juga ada detergent matic, sabun cuci piring, dan pewangi serta pelembut pakaian," tuturnya.

Ia menambahkan, produk sabun ilegal yang dibongkar itu diduga sudah beredar tidak hanya di Gresik. Tapi, juga beredar di Sidoarjo dan Surabaya. "Dari hasil penyelidikan sudah beredar di tiga daerah. Dalam pemasarannya, produk tersebut juga tanpa sepengetahuan izin edar dari BPOM maupun Dinas Kesehatan," tambahnya.

Atas kejadian itu, tersangka terjerat dengan pasal 197 Jo pasal 106 UU RI Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Ancamannya, 15 tahun penjara, dan denda Rp 1,5 miliar," tandas Kompol Wahyu P. Utama. [dny/kun]

Komentar

?>