Kamis, 27 Juli 2017

Korupsi Pengadaan Sepatu PNS Magetan, Mirip Kasus Korupsi E-KTP

Kamis, 11 Mei 2017 12:09:03 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Korupsi Pengadaan Sepatu PNS Magetan, Mirip Kasus Korupsi E-KTP

Magetan (beritajatim.com) - Kasus dugaan korupsi pengadaan sepatu PNS tahun anggaran 2015 senilai Rp 1,2 Miliar yang menyeret Kepala Basan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Magetan, Sumarjoko rupanya mirip dengan korupsi E-KTP.

Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri Magetan, Siswanto, mengatakan, korupsi pengadaan sepatu PNS Magetan mirip dengan korupsi E KTP. Korupsi yang terjadi secara sistemik mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan sudah diatur dari awal.

"Sistemnya yang diakali. Fakta yang kami dapat, sebelum merencanakan dan melaksanakan kegiatan, pihak pemerintah sudah bertemu dengan penyedia barang," katanya kepada beritajatim.com, Kamis (11/5/2017).

Selanjutnya SKPD yang mengadakan sepatu diarahkan untuk memilih penyedia barang itu. Namun ada beberapa SKPD yang membelot. Siswanto menambahkan, kerugian negara dalam kasus itu mencapai seratus juta lebih. Soal bagian komisi yang diterima tersangka dalam proyek itu sementara masih didalami penyidik.

Dikatakannya, untuk sementara tersangka dalam kasus ini satu orang. Namun tidak tertutup kemungkinan akan bertambah. Semua tergantung perkembangan penyidikan dan persidangan. "Masih satu, tapi bisa bertambah. Tergantung perkembangannya nanti," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Magetan Sumarjoko, resmi ditahan penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat. Sumarjoko ditahan karena tersandung kasus dugaan korupsi pengadaan sepatu PNS tahun anggaran 2015 senilai Rp 1,2 milyar. [mit/suf]

Tag : korupsi

Komentar

?>