Kamis, 29 Juni 2017

Kompolnas Perintahkan Kapolres Malang Rekonstruksi Cara Menggergaji

Jum'at, 21 April 2017 17:27:59 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Kompolnas Perintahkan Kapolres Malang Rekonstruksi Cara Menggergaji

Malang (beritajatim.com) - Masuknya gergaji ke dalam tahanan Polres Malang, jadi perhatian serius Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Jumat (21/4/2017). Dalam konfensi pers di Mapolres Malang usai melakukan pemeriksaan, Ketua Kompolnas Irjen (Purn) Bekto Suprapto membeberkan masuknya gergaji tidak mungkin secara tiba-tiba didalam tahanan.

“Kapolres sudah menemukan gergaji itu didapat dari siapa. Nanti tinggal dicocokan saja, kapan waktunya orang yang memberikan gergaji ke dalam tahanan. Lalu bezuknya kapan saja, nanti yang meriksa atau petugas jaga siapa saja,” tegasnya.

Kata dia, bukan hanya soal masuknya gergaji saja yang harus diungkap. Melainkan siapa yang punya rencana memasukkan gergaji harus diungkap juga.
“Siapa yang punya ide beli gergaji, lalu ke toko mana gergaji itu dibeli, akan diselidiki semua. Saat ini tim dari Polda Jatim sedang bekerja keras,” papar Bekto.
 
Pria yang juga pernah menjabat sebagai Wakapolres Malang itu melanjutkan, Kompolnas bersyukur dari 17 tahanan yang kabur, 5 orang sudah tertangkap. “Saya percata tidak lama lagi, seluruh tahanan yang kabur akan tertangkap semua,” ujarnya.

Ia menambahkan, tidak mungkin gergaji datang sendiri. “Artinya kelalaian, menganggap ini rutin sehingga gergaji ini masuk. Belum lagi soal menggergaji dengan posisi duduk dengan tempat yang enak jauh lebih cepat. Ini menggergaji di dalam situasi yang harus jempalitan situasinya, memanjat atau  mungkin saling menopang itu membutuhkan waktu lebih lama,” terang Bekto.

“Saya memberikan masukan pada Kapolres supaya itu direkonstruksi. Berbeda sekali  menggergaji dalam situasi enak dan tidak enak. Menggergaji yang tidak takut ketahuan bunyi suara dengan menggergaji yang takut bunyi suara ketahuan, sehingga membutuhkan waktu lama,” Bekto mengakhiri. (yog/ted)

Tag : napi kabur

Komentar

?>