Senin, 23 Oktober 2017

Antisipasi Tahanan Kabur, Polres Pasuruan Lakukan Ini

Rabu, 19 April 2017 21:45:21 WIB
Reporter : Shohibul Hujjah
Antisipasi Tahanan Kabur, Polres Pasuruan Lakukan Ini

Pasuruan (beritajatim.com) - Selama dua hari terakhir ini, telah terjadi dua kasus tahanan kabur di wilayah hukum Polda Jawa Timur. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polres Pasuruan memeriksa dan mengecek sel tahanan yang ada di mapolres setempat.

Pemeriksaan dilakukan langsung oleh Kasat Tahti Polres Pasuruan IPTU Sutrisno, Kasiwas IPTU Marlon Sitorus, KA SPKT IPDA Santoso, Kasi Propam IPDA Arif dan anggota Reskrim Polres Pasuruan didampingi dengan Dinas Cipta Karya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan.

Dalam pemeriksaan itu, petugas memeriksa dan menyisir setiap ruangan yang ada di sel tahanan. Mulai dari ketebalan tembok, kondisi jeruji besinya, pintu di setiap sisinya, termasuk barang bawaan para tahanan ini.

"Pemeriksaan ini merupakan salah satu cara antisipasi agar tahanan tidak kabur. Dan kami bisa memastikan bahwa selama ini, prosedur penjagaan sel tahanan ini sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. Sebab kami tidak ingin kejadian tahanan kabur ini terjadi di Pasuruan,” kata Kapolres Pasuruan AKBP Muhammad Aldian kepada beritajatim.com, Rabu, (19/4/2017).

Kapolres menjelaskan, dalam pemeriksaan itu pihaknya juga melibatkan Dinas Cipta Karya Pemkab Pasuruan. Tujuannya, untuk memeriksa dan mengecek kontruksi bangunan atau tembok sel tahanan Polres Pasuruan.

“Hasilnya saya belum tahu pasti, karena saya tadi sedang ada di Malang mendampingi Kapolda Jatim. Yang jelas, kalau semisal Dinas Cipta Karya menilai tembok sel tahanan atau ada kerusakan yang terjadi akan kami tindak lanjuti,” terangnya.

Ia menegaskan, pihaknya siap memperbaiki dan membenahi sel tahanan jika dinilai dan dianggap kurang baik. Bahkan, ia pun berencana akan menambah jumlah CCTV (Camera Closed Television) yang ada di dalam sel tahanan.

 “Nanti akan kami tambah jumlah CCTV-nya. Agar setiap gerak – gerik tahanan bisa terpantau. Untuk jumlahnya, akan kami koordinasikan lagi sesuai dengan kebutuhan,” paparnya.

Selain itu, ia menambahkan, saat ini di sel tahanan Polres Pasuruan terdapat 53 tahanan dari sejumlah kasus kriminalitas. Mereka berada di sel tahanan yang memiliki luas kurang lebih berukuran 10 x 25 meter. "Ada enam kamar di dalam sel tahanan Polres Pasuruan ini. Sel tahanan ini dijaga oleh dua orang personel," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, ada dua kasus tahanan kabur di wilayah hukum Polda Jawa Timur dalam sepekan ini.

Pertama, tahanan kabur terjadi di Polsek Tambaksari, wilayah hukum Polrestabes Surabaya, Senin (17/4/2017) dini hari. Kala itu, ada tujuh tersangka yang mendekam di sel tahanan kabur dari sel dengan cara merusak jeruji besi sel tahanan. Sedangkan yang kedua, ada 17 tahanan kabur dari sel tahanan Polres Malang, Rabu (19/4/2017) dini hari. (oci/ted)

Tag : napi kabur

Komentar

?>