Jum'at, 15 Desember 2017

Operasi Terpadu, 83 Pengendara Ditilang di Mojokerto

Rabu, 12 April 2017 13:43:56 WIB
Reporter : Misti P.
Operasi Terpadu,  83 Pengendara Ditilang di Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur bersama Satlantas Polres Mojokerto Kota, Pengadilan Negeri (PN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Mojokerto menggelar operasi terpadi Tipe A. Sebanyak 83 pengendara ditilang petugas dalam operasi sidang di tempat.

Selama hampir satu jam, sejumlah kendaraan yang melintas dari Jombang menuju Surabaya tepat di kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Mojokerto di Jalan By Pass Kota Mojokerto diminta petugas masuk. Tak hanya kendaraan roda dua, kendaraan roda empat dan berat juga dilakukan pengecekan.

Seperti kelayakan surat-surat maupun kendaraan. Yakni ketinggian dan lebar bak truk angkutan barang oleh petugas diukur menggunakan alat ukur. Alhasil, dari 303 kendaraan yang dilakukan pengecekan, sebanyak 83 kendaraan ditilang karena terbukti melanggar.

Kepala UPT DLLAJ, Dishub Propinsi Jawa Timur wilayah Mojokerto-Jombang, Emmy Retnowati mengatakan, ada 203 kendaraan roda empat dan 100 kendaraan roda dua yang dirazia dalam operasi tipe A (sidang di tempat) tersebut. "Untuk kita, ada 42 kendaraan yang ditindak," ungkapnya, Rabu (12/4/2017).

Masih kata Emmy, sebanyak 42 kendaraan yang melakukan pelanggaran tersebut didominasi pelanggaran dimensi. Yakni sebanyak 29 kendaraan, mati uji sebanyak tujuh kendaraan, tiga kendaraan tanpa trayek dan tiga kendaraan tidak layak jalan.

"Pelanggaran dimensi yakni kenyataan tidak sesuai dalam buku uji, lebih besar atau tinggi sehingga volume lebih besar. Untuk standar tinggi dan lebar, masing-masing kendaraan ada di buku kir. Jika ada kelebihan berarti melanggar, untuk bus dan elf tadi melanggar izin trayek," katanya.

Menurutnya, untuk angkutan pariwisata harus ada izin operasi, jika tidak memiliki izin operasi maka akan ditilang meski plat hitam. Operasi tersebut, lanjut Emmy, digelar jelang libur panjang wafatnya Yesus Kristus.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Mojokerto, AKP Donny Dwijo R menambahkan, dari operasi tersebut pihaknya menindak 41 pelanggar dari 100 kendaraan yang diperiksa kelengkapan surat-surat maupun kendaraan. "Pelanggarannya, mayoritas pegendara tidak memiliki SIM," ujarnya.[tin/ted]

Komentar

?>