Sabtu, 21 Oktober 2017

Bawa Jimat, 2 Pelaku Kejar-kejaran dengan Petugas dan Babak Belur Dihajar Massa

Senin, 20 Maret 2017 19:59:02 WIB
Reporter : Misti P.
Bawa Jimat, 2 Pelaku Kejar-kejaran dengan Petugas dan Babak Belur Dihajar Massa

Mojokerto (beritajatim.com) - Dua pelaku diduga spesialis pecah kaca mobil babak belur dihajar massa di Desa Windurejo, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Senin (20/3/2017). Pelaku dihajar massa setelah lolos dari kejaran petugas namun menemui gang buntu saat melarikan diri.

Nasib sial tersebut dialami kedua pelaku yakni, Mat Toha (36) warga Kemayoran Baru RT 001 RW 002, Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan dan Moch Mufid (35) warga Dusun Kedung Mangu RT 012 RW 003, Kelurahan Sidotopo Wetan, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya.

Betapa tidak, meski sudah menggunakan jimat berupa bawang merah yang disimpan di ikat pinggang dan lima cicin batu akik di jari Mat Toha, namun aksi keduanya kepergok korban. Keduanya mengincar handphone di dalam sebuah Xenia nopol B 1366 QV yang diparkir di Jalan Raya Hayam Wuruk, Kelurahan Kauman, Kecamatan Mojosari.

Namun korban yang turun ke supermarket bersama istri dan anaknya tersebut meninggalkan adiknya di dalam mobil. Mobil dalam keadaan mesin masih menyalah tersebut didatangi salah satu pelaku. Sementara pelaku lainnya menunggu di mobil sewaan Avansa nopol L 1757 JN tak jauh dari lokasi.

Setelah membuka pintu, pelaku kaget saat melihat adik korban berada di dalam mobil. Keduanya sempat tarik menarik handphone hingga akhirnya pelaku lari dan berhasil kabur dengan pelaku lainnya ke arah barat. Adik korban pun mengejar hingga mengalami luka lecet karena terseret mobil saat menarik pintu mobil pelaku.

Kapolsek Kutorejo, AKP Putu Sadia mengatakan, warga dan petugas Lantas yang saat itu sedang melakukan patroli yang melihat langsung melakukan pengejaran pelaku yang mengarahkan mobilnya ke selatan. "Sampai di Pasar Kutorejo, mobil pelaku yang melaju dengan kecepatan tinggi sempat menyerempet pengguna jalan," ungkapnya.

Masih kata Kapolsek, keduanya masih meneruskan aksinya dengan melajukan kendaraannya dengan kecepatan tinggi ke arah timur dan tepat di Jalan Raya Desa Windurejo, ban mobil depan bagian kiri pelaku mengalami pecah ban. Meski ban depan bagian kiri pecah, kedua pelaku malah turun dan melarikan diri masuk perkampungan.

"Pelaku berhasil ditangkap warga setelah keduanya terjebak di jalan buntu, namun langsung dihajar massa. Keduanya langsung diamankan petugas yang juga ikut melakukan pengejaran tapi kondisinya sudah pada bonyok semua karena kedua pelaku sempat menjadi bulan-bulanan massa," ujarnya.

Kapolsek menambahkan, diduga kedua pelaku merupakan pelaku pecah kaca yang kerap beraksi di wilayah hukum Polres Mojokerto. Selain mengamankan dua pelaku, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti mobil Avansa milik pelaku dan satu unit handphone Blacberry milik korban.

"Tak hanya itu, kami juga amankan jimat pelaku yang disimpan di ikat pinggang berupa bawang merah dan lima cicin batu akik di jari Toha juga ikut diamankan. Keduanya dan barang bukti sudah di Mapolsek Kutorejo untuk dilakukan pengembangan, termasuk motif pelaku masih kami dalami," tegasnya.[tin/kun]

Komentar

?>