Rabu, 29 Maret 2017

Seluruh Keberatan Dimas Kanjeng Taat Pribadi Ditolak Jaksa

Kamis, 16 Maret 2017 22:26:25 WIB
Reporter : Shohibul Hujjah
Seluruh Keberatan Dimas Kanjeng Taat Pribadi Ditolak Jaksa

Probolinggo (beritajatim.com) - Jaksa penuntut umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur menolak seluruh nota keberatan atau eksepsi dari terdakwa kasus pembunuhan dan pengggandaan uang, Dimas Kanjeng Taat Pribadi. Penolakan disampaikan dalam sidang replik di Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan Probolinggo.

JPU bersikukuh jika materi dakwaan yang telah dibacakan sebelumnya sesuai dengan kitab undang-undang hukum acara pidana.

Dalam sidang kelima yang dipimpin majelis hakim Basuki Wiyono, jaksa penuntut umum dari Kejati Jawa Timur menguraikan tanggapan atas nota keberatan terdakwa yang diajukan pada sidang sebelumnya.

JPU menyatakan menolak seluruh eksepsi terdakwa, baik dalam kasus pembunuah dengan korban Abdul Gani maupun perkara dugaan penipuan atas laporan  Supirhadi Prayitno, warga Jember dengan kerugian material sebesar 800 juta rupiah.

"Kami menilai materi dakwaan terhadap terdakwa sudah sesuai dengan kitab undang - undang hukum acara pidana atau KUHAP, terlebih materi eksepsi merupakan pokok perkara yang berada diluar ranah JPU," ujar JPU Wakajati Jatim, Rudi Wibowo Aji kepada beritajatim.com, Kamis (16/3/2017).

Sementara itu, tim penasehat hukum menuding jika dakwaan kepada Dimas Kanjeng Taat Pribadi cacat hukum. Pasalnya, berita acara pemeriksaan disusun dengan kekerasan, penuh intimidasi, dan lemah bukti, serta tidak prosedural.

"Kami meminta majelis hakim berani untuk menolak dakwaan dari jaksa penuntut umum kepada terdakwa," kata Muhammad Sholeh, penasehat hukum Dimas Kanjeng. [oci/but]

Komentar

?>