Minggu, 22 Oktober 2017

Keterangan Karyawan Chin Chin Kuatkan Adanya Pemindahan Dokumen Perusahaan

Rabu, 01 Maret 2017 22:10:58 WIB
Reporter : Nyuciek Asih
Keterangan Karyawan Chin Chin Kuatkan Adanya Pemindahan Dokumen Perusahaan

Surabaya (beritajatim.com) - Sidang perkara dugaan pencurian dokumen milik PT Blauran Cahaya Mulia (BCM) dengan terdakwa Trisulowati alias Chin Chin kembali dilanjutkan di ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (1/3/2017).

Sidang yang dipimpin hakim Unggul Warso Murti ini mendatangkan dua saksi, Eva dan suaminya Randra, keduanya adalah karyawan Chin Chin. Dalam keterangannya Eva menyatakan jika dia bekerja ikut Chin Chin sudah enam tahun. Selama enam tahun tersebut saksi mengaku tidak pernah dilakukan audit perusahaan.

"Tapi pernah ada pemeriksaan tapi tidak tahu pemeriksaan apa karena yang lebih tahu acounting," ujar Eva.

Eva juga menerangkan pada tanggal 20 Juni 2016, Chin Chin pernah mengumpulkan karyawannya dan mengumumkan bahwa Gunawan membuat surat untuk permintaan audit perusahaan. Saksi juga menyatakan pada saat itu Chin Chin juga mengaku sedang ada masalah dengan Gunawan dan akan cerai. Saksi tidak mengetahui kenapa Gunawan minta audit.

"Setahu saya bu Chin Chin mau cerai dengan Gunawan," ujar saksi.

Dalam keterangannya saksi juga mengaku waktu diperiksa di kepolisian, dirinya dipaksa oleh Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya untuk bilang bahwa saksi disuruh Chin Chin bawa dokumen dan tidak boleh bilang dititipi dokumen. Namun pernyataan saksi ini segera bisa dianulir jaksa Ali Prakoso yang membacakan keterangan saksi dalam BAP bahwa saksi menyatakan dititipi dokumen oleh bosnya yang bernama Trisulowati.

"Mana ada dalam keterangan di BAP saksi disuruh memindahkan dokumen, di BAP saksi juga bilang dititipi dokumen," ujar Jaksa Ali.

Mendapat pertanyaan Jaksa Ali, saksi terlihat gugup dan langsung menyatakan lupa. "Saya sudah tidak ingat pak, saya lupa," ujar saksi dengan gugup.

Usai sidang Jaksa Ali Prakoso menyatakan dengan keterangan saksi Eva maka terungkap fakta persidangan jika sudah ada niat jahat dari terdakwa Chin Chin untuk memindahkan dokumen dari kantor pusatnya, yakni di Empire. "Saksi Eva tadi bilang, saat terdakwa mengumpulkan karyawannya dan menyatakan bahwa pak Gunawan meminta audit itu menandakan bahwa memang di perusahaan tidak pernah dilakukan audit," ujar Ali.

Selain itu lanjut Ali, saat mengumpulkan karyawannya tersebut Chin Chin juga menyatakan sedang ada masalah dengan Gunawan dan akan cerai.

"Dari situ sudah kelihatan bahwa Chin Chin memang sengaja akan melakukan audit di luar supaya tidak ketahuan Gunawan dan menitipkan dokumen-dokumen perusahaan yang pro sama dia tanpa sepengetahuan Gunawan," ujar Jaksa Ali. [uci/but]

Komentar

?>