Minggu, 23 April 2017

Empat Orang Pencuri Spesialis Ban Mobil Ditangkap

Kamis, 12 Januari 2017 12:24:37 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Empat Orang Pencuri Spesialis Ban Mobil Ditangkap

Malang (beritajatim.com) - Tim Buser Satuan Reserse Kriminal Polres Malang meringkus 4 orang kawanan pencuri spesialis ban mobil.

Keempat pelaku itu masing-masing atas nama Sumari (46), warga Desa Putat Lor, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Sumari berperan sebagai eksekutor. Dalam aksinya, Sumari butuh waktu tak sampai tujuh menit untuk mencuri ban mobil berbagai jenis yang diparkir pemiliknya di depan rumah.

“Satu ban mobil biasanya butuh waktu lima menit. Saya cukit menggunakan linggis kecil. Lalu ban kita sanggah dengan kayu atau batako,” terang Sumari, Kamis (12/1/2017).

Saat beraksi, Sumari dibantu oleh Usman (46), warga Desa Putat Lor, Gondanglegi dan Ahmad Rofi’I (46), warga Jalan Raya Ketawang, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Kedua orang tersebut, juga berperan mengawasi situasi sekitar saat ban mobil akan dicuri.

Sementara satu orang lagi atas nama Abdul Samad (58), warga Pasuruan, berperan sebagai pengemudi mobil Suzuki carry nopol L 1326 RN. Mobil inilah yang dipakai kawanan tersangka, mengangkut ban curian.

“Sebelum beraksi, kita putar-putar dulu cari sasaran. Setelah diketahui mobil yang akan kita curi, baru saya turun,” terang Sumari yang berdalih baru satu kali melakukan pencurian ban mobil.

Terpisah, Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Malang, Iptu Supriyono menjelaskan, kawanan pelaku tertangkap setelah dibuntuti anggota. Saat beraksi di wilayah Bululawang, Kabupaten Malang, kawanan tersangka sedang mencongkel ban serep yang diparkir di pinggir jalan raya.

“Ada 16 ban mobil berbagai jenis yang kami sita dari kawanan pelaku. Mereka ini spesialis pencuri ban. Mobil yang diparkir bisa hilang seluruh bannya,” tegas Supriyono.

Dari hasil penyidikan, lanjut dia, kawanan pelaku sudah lebih dari tiga kali melakukan aksi pencurian ban mobil. “Kawanan pelaku ini juga beraksi diwilayah Tulungagung dan Kabupaten Blitar. Kalau dihitung sudah dapat ban mobil sangat banyak,” bebernya.

Satu ban mobil dijual Sumari dan komplotanya seharga Rp 400 ribu. “Satu ban saya jual lagi ke Sawojajar Malang seharga Rp 400 ribu,” tambah Sumari. (yog/ted)
 

Komentar

?>