Rabu, 18 Oktober 2017

Disegani dan Dihormati

Ini Sosok Bripka Arifin di Mata Warga Pakis

Selasa, 10 Januari 2017 16:18:59 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Ini Sosok Bripka Arifin di Mata Warga Pakis

Malang (beritajatim.com) - Sudah 15 tahun Bripka Arifin menjadi Babinkamtibmas di Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Tugas seorang Babinkamtibmas mengajak masyarakat untuk patuh hukum dan menjaga kondusifitas wilayah dengan semangat kekeluargaan tanpa kekerasan.

Bripka Arifin adalah satu dari Polisi yang mungkin, tulus ihklas dalam mengemban tugas berat belasan tahun lamanya.

Pria kelahiran Malang 18 Januari 1959 itu, akan memasuki masa pensiun pada bulan ini. Selama menjadi bagian dari korps Bhayangkara, Bripka Arifin pernah ditugaskan ke Timor-Timor (Sekarang Timor Leste-red).

Mengenyam pendidikan pertama di Kupang, Nusa Tenggara Timur, tahun 1979 silam, rasa pamrih untuk mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat ia pegang sampai akhir masa jabatanya.

Yang menarik, saat warga di Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis, mendengar kabar Bripka Arifin hendak pensiun, sejumlah warga pun meneteskan air mata.

Memeluknya dengan erat seperti tak rela jika Polisi yang dicintainya, harus menanggalkan seluruh atributnya sebagai Polisi berangkat Brigadir Kepala.

Pemandangan cukup mengharukan bahkan terlihat saat murid-murid SDN 01 Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis, spontan menangis bareng sambil memeluk Bripka Arifin kala ikut upacara bendera hari Senin (9/1/2017) dilapangan sekolah.

"Saya sendiri tidak menyangka anak-anak sampai menangis begitu mendengar saya akan pensiun. Saya katakan jika tetap menyayangi anak-anak. Karena dalam tugas, memang harus ada waktunya. Tapi soal kekeluargaan harus abadi dan selamanya," terang Bripka Arifin, Selasa (10/1/2017) pada beritajatim.com.

Seperti apa sosok Bripka Arifin selama menjadi Babhinkamtibmas dimata warga Pakis?

"Pak Arifin orang yang sangat bersahaja, sederhana dan tidak pernah macam-macam. Beliau Polisi yang dihormati dan disegani oleh warga di Pakis. Orangnya baik mas," tutur Imam Syafi'i (43), warga Desa Bunut Wetan, Kecamatan Pakis.

Dimata Imam, pribadi Bripka Arifin adalah sosok Polisi yang sangat ramah dan mudah akrab dengan masyarakat.

Dalam menjalankan tugasnya, Bripka Arifin bisa membaur dengan anak muda, orang tua dan seluruh lapisan masyarakat dengan baik.

"Orangnya supel. Semua lapisan dirangkul. Warga pasti kehilangan sosok seperti Pak Arifin jika pensiun. Semoga akan muncul polisi-polisi seperti Pak Arifin lagi," ujar Imam.

Hal sama juga dikatakan Syarief. Warga Pakis itu melihat sosok Bripka Arifin patut dijadikan teladan selama menjadi Polisi di Polsek Pakis.

"Pak Arifin sangat baik orangnya. Cukup lama beliau tugas di Polsek Pakis. Sangat dekat dengan warga dan tidak segan membantu langsung warga yang membutuhkan pertolongan," pungkasnya. (yog/ted)

Komentar

?>