Senin, 27 Februari 2017

Polres Kediri Ciptakan Sistem Elektronik Tilang Pertama di Indonesia

Selasa, 11 Oktober 2016 15:48:22 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Polres Kediri Ciptakan Sistem Elektronik Tilang Pertama di Indonesia

Kediri (beritajatim.com) - Polres Kediri menggelar sosialisasi Elektronik Tilang (E-Tilang) bagian dari program Elektronic Criminal Justice Sistem (E-CJS) plus. Program ini akan mempermudah mereka yang terkena tilang, karena bisa membayar langsung denda di tempat dengan sistem online tanpa menunggu proses sidang di pengadilan.

Kapolres Kediri AKBP Akhmad Yusep Gunawan mengatakan, program E-Tilang ini bentuk transparansi proses tilang pada masyarakat. Dengan sosialisasi ini, harapannya, dapat menurunkan angka pelanggaran berlalu lintas di wilayah hukum Kabupaten Kediri.
 
"Terkait program berbasis IT, E-Tilang ini merupakan program pertama di Indonesia. E-Tilang ini bagian dari program E-CJS Plus yang kami sosialisasikan kepada masyarakat," kata AKBP Yusep Gunawan, usai penandatanganan kesepakatan dalam memorandum of understanding (MoU) antara penegak hukum di Kabupaten Kediri dengan Pemerintah Kabupaten Kediri, Selasa (11/10/2016).

Sosialisasi E-Tilang ini digelar Polres Kediri di Monumen Simpang Lima Gumul. Sosialisasi berlangsung usai penandatanganan MoU antara seluruh penegak hukum, Polres Kediri, Kejaksaan Negeri, Pengadilan, Lembaga Permasyarakatan dengan Pemkab Kediri yang dihadiri langsung oleh Bupati Kediri Haryanti Sutrisno.

Oktavia, salah seorang pengguna jalan asal Kabupaten Tulungagung mengatakan, E-Tilang sangat mempermudah dirinya dalam mengurus pelanggaran tilang. Dia mengaku, tidak perlu pergi ke Pengadilan untuk mengikuti sidang, karena memanfaatkan fasilitas E-Tilang di tempat.

Dalam pelaksanaannya, selain bekerjasama dengan Pengadilan, Pemkab Kediri dan Kejaksaan Negeri, Polres Kediri juga menggandeng Bank BRI dan vendor penyedia layanan telekomunikasi, dalam proses pembayaran denda tilang dan sistem transaksi elektroniknya.
 
Selain untuk mempercepat dan mempermudah penindakan pelanggar lalu lintas, dengan sistem E-Tilang ini Polres Kediri juga ingin menunjukkan transparanei pada masyarakat akan proses tilang. Dalam uji coba sistem E-Tilang ini, Polres Kediri dalam satu bulan bisa menangani 3 ribuan tilang yang masuk ke kepolisian.

Untuk dapat mengakses E-Tilang, masyarakat cukup mendownload aplikasi E-Tilang bernama Jangka Jayabaya melalui smartphone dan mengaktifkan fitur pembayaran denda pelanggaran lalu lintas secara online. Selain bisa mempercepat dan mempermudah pengurusan tilang dengan mengedepankan transparansi, sistem E-Tilang diharapkan bisa menurunkan angka pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Kediri.

Selain E-Tilang, dalam aplikasi ini juga tersedia fitur E-Sidik, E-Tipiring, dan E-SP2HP. Semuanya berguna untuk mengetahui sejauh mana kasus yang ditangani Polres Kediri. (nng/kun)

Tag : tilang kediri

Komentar

?>