Sabtu, 18 Agustus 2018

Suruh Calon Menantu Aborsi, Wanita Ini Dihukum 5 Tahun

Kamis, 08 September 2016 21:39:45 WIB
Reporter : Nyuciek Asih
Suruh Calon Menantu Aborsi, Wanita Ini Dihukum 5 Tahun

Surabaya (beritajatim.com) - Enny Novi Nuridha terdakwa kasus aborsi anak dihukum lima tahun denda Rp 100 juta dan subsider tiga bulan kurungan oleh majelis hakim yang diketuai Risty, Kamis (8/9/2016).

Dalam amar putusan hakim disebutkan jika terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah menyuruh FDP (16) pacar dari anaknya VAA (16) untuk menggugurkan kandungannya.

"Terdakwa telah melanggar pasal 80 Ayat (3) UU No 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dan nenjatuhkan hukuman 5 tahun  penjara dan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan," kata Risti saat membacakan amar putusan.

Dalam putusan hakim juga disebutkan hal yang memberatkan terdakwa telah menyuruh melakukan aborsi terhadap anaknya sehingga mengakibatkan bayinya meninggal. Dan yang meringankan terdakwa telah melakukan perdamaian dengan menikahkan keduanya.

Mendengar putusan tersebut, dengan menahan tangis terdakwa menyatakan untuk pikir-pikir setelah berdiskusi dengan kuasa hukumnya," saya pikir-pikir dulu bu hakim," ucap terdakwa lirih.

Putusan hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU Siska Cristiana, yang mana terdakwa dituntut 7 (tujuh) penjara denda 100 juta subsider 6 bulan penjara.

Untuk diketahui, pada selasa (8/12/2015) terdakwa Enny menyuruh FDP (16), pacar anaknya VAA (16) untuk mengugurkan janin yang dikandungnya. Berkat bantuan Adimah (berkas terpisah), seorang dukun bayi yang tinggal di Tenggumung Surabaya ini, janin berusia 8 bulan berhasil digugurkan.

Janin yang telah digugurkan tersebut, oleh VAA (16) dimakamkan di pemakaman Asem Jajar sehingga dipergoki warga setempat yang langsung menangkao dan dilaporkan ke Polsek Bubutan. [uci/suf]

Tag : aborsi

Komentar

?>