Jum'at, 20 Januari 2017

Polres Bojonegoro Amankan Peredaran BBM Ilegal

Senin, 04 April 2016 15:02:38 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Polres Bojonegoro Amankan Peredaran BBM Ilegal
Truk BBM Ilegal

Bojonegoro (beritajatim.com) - Satreskrim Polres Bojonegoro bersama dengan Sub Den Pom Bojonegoro, dan Tim gabungan sekuriti Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, mengamankan truk pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal.

Sopir truk diduga mengedarkan BBM tanpa dilengkapi surat resmi pengangkutan BBM.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Hendri Fiuser mengungkapkan, penangkapan peredaran BBM ilegal itu dilakukan di Jalan Raya Bojonegoro-Babat Desa Tikusan, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, sekitar pukul 02.00 WIB, Senin (4/4/2016).

Kapolres menjelaskan, dari hasil pengamanan itu, petugas gabungan mengamankan satu unit truk bak terbuka warna kuning Nopol N 8158 DK warna diduga bermuatan solar olahan yang dimuat dalam 3 bull dan 10 drum atau sebanyak lima ton. Solar olahan tersebut diduga berasal dari pengeboran minyak sumur tua.

Kemudian, lanjut Kapolres, solar olahan tersebut rencananya akan dikirim ke daerah Malang untuk bahan bakar kendaraan alat berat. Pengangkutan dilakukan menggunakan truk bak terbuka yang dikendarai oleh inisial MI (44) asal Kebunagung Pakisaji, Malang. "Sopir beserta barang bukti berupa solar dan satu unit truk diamankan oleh Reskrim Polres Bojonegoro," ujar Hendri Fiuser.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan Penyidik Polres Bojonegoro, diduga solar olahan tersebut diambil dari inisial SB Warga Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Bojonegoro Bojonegoro. Pelaku pengedaran bahan bakar ilegal ini terancam Pasal 53 huruf b dan huruf d UU RI No. 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Proses pengangkutan BBM ilegal itu diduga juga mendapat pengamanan dari oknum TNI. Petugas kepolisian saat ini masih menyelidiki kasus tersebut.

Jika terbukti ada oknum TNI yang terlibat maka akan diserahkan secara proses di satuan TNI. Oknum TNI yang diduga ikut serta dalam peredaran BBM ilegal tersebut diketahui berinisial ER (35) anggota TNI AL Surabaya. [uuk/ted]

Tag : bbm ilegal

Komentar

?>