Selasa, 26 September 2017

Henry J Gunawan Tersangka Pedagang Pasar Turi Sujud Syukur

Sabtu, 20 Februari 2016 14:54:21 WIB
Reporter : Arif Fajar Ardianto
Henry J Gunawan Tersangka Pedagang Pasar Turi Sujud Syukur

Surabaya (beritajatim.com) - Munculnya Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) dari Polda Jatim yang menyatakan  Direktur Utama PT Gala Bumi Perkasa Henry Jocosity Gunawan sebagai tersangka atas kasus penipuan dan penggelapan, direspon Sujud Syukur oleh pedagang Pasar Turi Surabaya, Sabtu (20/06/2016).

Surat yang bernomor B/228/SP2HP-4/II/2016/Ditreskrimum tersebut dikeluarkan pada hari Jumat 19 Februari 2016 menyatakan peningkatan status terlapor Henry Jocosity Gunawan dari terlapor menjadi tersangka.

Bertempat di posko pedagang Pasar Turi, puluhan pedagang menggelar sujud syukur atas keberhasilan laporannya tersebut.

Abdul Hasir selaku pelapor dalam kasus ini mengatakan bahwa dirinya mengacungi jempol atas kinerja Polda Jatim khususnya Ditreskrimum yang telah melakukan tugasnya dengan baik. "Kita patut acungi jrmpol atas kinerja Polda Jatim yang menangani kasus ini. Ini adalah sinyal baik bagi pedagang pasar turi," ujarnya.

I Wayan Titib Sulaksana salah satu tim kuasa hukum pedagang Pasar Turi mengatakan bahwa fakta ini adalah tegaknya hukum di wilayah Jawa Timur. "Semua unsur alat bukti sudah terpenuhi jadi tinggal eksekusi saja. Kita tahu bahwa Henry ini dikenal selalu lolos dari jeratan hukum, saat ini kita buktikan bahwa hukum tidak pandang bulu dan status sosial. Semua sama di mata hukum," bebernya.

Saat dikonfirmasi, terkait status ini, apa yang diinginkan baik oleh pedagang maupun kusa hukum, Wayan menegaskan bahwa harus ditindak lanjuti sesuai peosedur. "Cekal dan tangkap. Itu saja. Dan kita akan mengawal kasus ini sampai ke kejaksaan dan pengadilan," tegasnya.

Seperti diketahui, para pedagang yang diwakili oleh tim kuasa hukum melaporkan Direktur Utama PT Gala Bumi Perkasa selaku pelaksana pemmbangunan Pasar Turi Baru yakni Henry J Gunawan pada kasus penipuan dan penggelapan kepada peagang tetkait pembelian stand. PT Gala Bumi Perkasa menjual stan kepada pedagang dengan status hak milik serta telah menarik uang kepada sekitar 4500 stan yang berjumlah sekitar 1,4 Triliun rupiah.(rif/kun)

Tag : pasar turi

Komentar

?>