Hukum & Kriminal

Waspadai Radikalisme, Polisi Ajak Warga Aktifkan Poskamling

Petugas bertemu warga di cakruk atau gardu Desa Karangpatihan Kecamatan Balong.(Foto: Polsek Balong)

Ponorogo (beritajatim.com) – Gerakan radikalisme dan aksi teroris bisa terjadi dimana saja, baik di desa maupun di kota. Untuk mengantisipasi aksi tersebut, Polsek Balong rutin mengadakan patroli sambang desa untuk memantau dan memonitor situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukumnya. Yang kebetulan pada saat ini mengunjungi Desa Karangpatihan Kecamatan Balong. Berada di cakruk atau gardu, petugas kepolisian berbaur dengan warag setempat.

”Dengan sambang desa ini, kami ingin menyerap informasi dan keluh kesah persoalan masyarakat,” kata Kapolsek Balong AKP Hariyanto, Jumat (6/12/2019).

Patroli Sambang Desa juga upaya Polri untuk mendekatkan anggota dengan masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, AKP Hariyanto dan jajarannya mengajak warga untuk mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling). Dan membiasakan tamu yang ingin bermalam atau pendatang untuk wajib lapor kepada perangkat desa atau tokoh masyarakat. Selain itu Haryanto berpesan kepada masyarakat untuk menjaga silaturahmi serta menghubungi Bhabinkamtibmas, bila ada suatu kejadian atau permasalahan.

”Waspada terhadap gerakan radikalisme yang dapat memecah belah persatuan kesatuan bangsa,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar