Hukum & Kriminal

Wanita Ini Jadi Dalang Pembunuhan di Pasar Gadang

Malang (beritajatim.com) – Usai menangkap 7 pelaku pengeroyokan yang mengakibatkan Suyono (34) meninggal di Jembatan Pasar Gadang, Kota Malang, pada Selasa (2/4/2019), polisi juga mengungkap dalang pembunuhan ini.

Wakapolres Malang Kota, Kompol Bambang Cristanto menyebut, dua dalang pembunuhan adalah seorang wanita berinisial AW (21 tahun) dan IL (17 tahun), keduanya masih memiliki hubungan saudara. Keduanya mengajak 6 orang temannya untuk mengeroyok korban di Jembatan Gadang.

Adapun 6 orang itu adalah, B (15 tahun) bertugas menemani AW menjemput korban di sebuah kafe. Kemudian SW (20 tahun), ADY (23 tahun) pelaku penusukan sajam, I (17 tahun), D (17 tahun) dan K (15 tahun). Sementara seorang lainnya berinisial Q (18 tahun) masih buron.

“Otak pembunuhan adalah AW dan IL. Mereka berdua saudara. Motifnya dendam, mereka mengajak teman-temannya untuk mengeroyok korban,” kata Bambang, Kamis (4/4/2019).

AW dan IL merasa jengkel dengan Suyono. Sebab, ia mencurigai salah satu saudaranya yang terjerat kasus narkoba berkat informasi yang diberikan Suyono kepada polisi. Atas dendam itulah, AW dan IL mengajak teman-temannya mengeroyok korban hingga tewas.

“Alasannya karena dendam pribadi. Setelah kami lakukan penyidikan, katanya korban ini sebagai informan polisi. Jadi salah satu saudara pelaku ditangkap polisi kasus narkotika atas informasi dari si korban pengakuannya seperti itu. Padahal tidak benar,” papar Bambang.

Bambang mengungkapkan antara 8 pelaku dengan korban sudah kenal terlebih dahulu. Pelaku berniat melakukan pengeroyokan karena dendam pribadi. Sedangkan senjata tajam telah disiapkan ADY sejak berangkat dari rumah.

“Akibat perbuataannya, 7 pelaku yang sudah tertangkap dijerat pasal 170 KUHP ayat 2 dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. Subsider pasal 340 KUHP,” tandas mantan Kasat Lantas Polres Jombang ini. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar