Hukum & Kriminal

Usai Salat, Pelaku Pembunuhan di SPBU Jember Langsung Menyerahkan Diri

Jember (beritajatim.com) – Pembunuhan terjadi di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Desa Jambearum, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019). Pelaku pria berinisial Iw langsung menyerahkan diri.

Iw (30) membunuh Tumin (55), seorang penjaga malam SPBU Jambearum. Mereka sebenarnya masih bertetangga di Dusun Krajan.

Pembunuhan terjadi sekitar sekitar pukul 03.50 WIB. Iw membacok Tumin di depan pintu ruang tamu SPBU pada bagian kepala belakang dan pipi sebelah kanan yang mengarah ke leher.

Kepala Kepolisiam Sektor Puger Ajun Komisaris Ribut Sugiarto mengatakan, Tumin dibacok lima kali dan meninggal di lokasi.

Pembunuhan justru diketahui dari Iw sendiri. Ia mengumumkan pembunuhan dan pengakuan dosa di Masjid dusun setempat.

Elis Suprihatin, tetangga korban, mengatakan, Iw mengumandangkan azan dan bersalawat, lalu mengumumkan kematian Tumin. “Aku Iw minta maaf ke semua saudaraku di Jambearum,” katanya menirukan Iw.

Iw lalu salat subuh berjamaah. Usai salat, ia membawa gendang dan menabuhnya di depan masjid sambil teriak-teriak. Setelah itu ia menyerahkan diri ke Mapolsek setempat.

Siapakah Iw? Iw dikenal sebagai sosok yang sopan namun pernah masuk penjara karena melukai orang lain. Ia baru saja bebas. Kendati sopan, Iw suka membawa parang dan suka minum pil koplo. “Warga takut,” kata Sumarno, warga lainnya.

Tumin sendiri adalah penjaga malam SPBU. Ia dikenal sebagai orang baik dan kenal dengan Iw. Menurut Sumarno, Tumin sering menasihati Iw. “Bahkan Iw sering diberi uang,” katanya.

Polisi sendiri masih menyelidiki kasus ini. “Kami masih selidiki motifnya,” kata AKP Ribut. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar