Hukum & Kriminal

Upacara Peringatan Hari Santri Nasional, TNI/Polri Sarungan

Sidoarjo (beritajatim.com) – TNI dan Polri kompak tampil beda dalam mengikuti upacara di halaman Polresta Sidoarjo, Selasa (22/10/2019). Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2019, ratusan peserta upacara itu mengenakan sarung, berserban dan memakai peci atau kopiah.

Demikian halnya para polisi wanita (Polwan) yang ikut dalam upacara tersebut. Semuanya juga mengenakan jilbab, layaknya santriwati. Upacara HSN 2019 di Polresta Sidoarjo tersebut, dipimpin Wakapolresta Sidoarjo AKBP M. Anggi Naulifar Siregar, dan diikuti pejabat utama Polresta Sidoarjo beserta anggota serta perwakilan dari Kodim 0816 Sidoarjo juga santri Sidoarjo.

“Hari ini kami lakukan upacara bersama TNI dan santri, sebagai wujud memperingati perjuangan para ulama dan santri yang turut berjuang dalam mempertahankan keutuhan NKRI,” kata Wakapolresta Sidoarjo AKBP M. Anggi Naulifar Siregar.

Peringatan HSN 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.

Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama. Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural.

“Dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud. Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia,” papar Anggi. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar