Hukum & Kriminal

Truk Bermuatan Tembakau dari Luar Madura Diamankan Polisi

Pamekasan (beritajatim.com) – Satu unit truk bermuatan tembakau luar Madura, diamankan personil dari jajaran Polsek Tlanakan, saat petugas menggelar patroli rutin di sepanjang Jl Raya Tlanakan, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Jum’at (11/10/2019).

Hal itu dilakukan karena diduga ada unsur kesengajaan penggelapan tembakau untuk dipasarkan di wilayah Madura, khususnya di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. Padahal kabupaten Pamekasan, menerapkan regulasi berupa larangan tembakau luar Madura masuk di wilayah setempat.

“Berdasar regulasi yang tertuang dalam Perda (Peraturan Daerah) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Tata Niaga, Budidaya dan Perlindungan Tembakau Madura. Truk bermuatan tembakau luar Madura, kita amankan,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo, melalui Kasubag Humas Polres Pamekasan, IPTU Nining Dyah.

Selain truk bermuatan sekitar 3,4 ton tembakau, petugas juga mengamankan tiga orang. Satu di antaranya merupakan sopir truk, inisial DB (35) warga Desa Taraban, Kecamatan Larangan, Pamekasan. “Dua orang lainnya yakni MS (49) dan MAJ (40), semuanya asal Kecamatan Larangan, Pamekasan,” ungkapnya.

“Akibat hal tersebut, mereka dijerat Pasal Tipiring (Tindak Pidana Ringan). Sementara berkas dan lainnya segera kita limpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Pamekasan,” pungkasnya.

Sebelumnya personil Polres Pamekasan, juga mengamankan tiga truk bermuatan tembakau Jawa, sebanyak 360 bal yang dibawa dari kabupaten Bojonegoro, dan diamankan petugas di Jl Raya Tlanakan, Pamekasan, Selasa (8/10/2019) lalu.

Dari kejadian tersebut, sebanyak lima orang diamankan petugas dan harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Masing inisial HF (31), NR (36) dan SO (35), ketiganya merupakan warga Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Sedangkan dua tersangka lainnya, yakni inisial RM (40) dan ZL (40), merupakan warga Kecamatan Larangan, Pamekasan. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar