Hukum & Kriminal

Tipu Relasi Setengah Milyar, Pemandu Lagu Ini Dibui

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pemandu lagu freelance bernama Min Bakdiyah (30), warga Dusun Sirapan Desa Kemangsen Keamatan Balongbendo, sekarang tidak bisa lagi menghibur pelanggan di kafe atau rumah karaoke. Sebab, Min telah ditetapkan jadi tersangka dan dijebloskan ke penjara Polsek Balongbendo, karena menipu pelanggannya dengan total kerugian Rp 500 juta.

Kapolsek Balongbendo, Kompol Sugeng Purwanto menyatakan, pekerjaan tersangka Min Bakdiyah adalah menemani tamu bernyanyi di tempat kafe. Dan korban bernama Parji (50), warga Seketi, Balongbendo adalah pelanggan salah satu rumah karaoke di Sidoarjo barat. “Awal mereka kenal, di rumah karaoke,” Selasa (27/8/2019).

Korban Parji, sering ditemani Min Bakdiyah saat berada di rumah karaoke. Karena sering ketemu, akhirnya mereka punya hubungan emosional atau kedekatan tersendiri.

Hubungan dekat itu akhirnya dimanfaatkan oleh tersangka. Pertama, tersangka mengeluarkan jurus pinjam BPKB untuk usaha ibu tersangka. “Tersangka pinjam satu BPKB mobil dan dua BPKB motor,” rinci Sugeng.

Dalam pinjam BPKB itu, tersangka juga menjanjikan akan memberikan uang bagi hasil tiap bulannya. Korban yang tak punya rasa curiga, akhirnya menyerahkan satu BPKB mobil dan dua BPKB motor.

Dan beberapa waktu kemudian, korban belum diberi uang bagi hasil oleh tersangka. Namun tersangka mau pinjam uang lagi. “Tersangka mengaku kehabisan modal untuk membesarkan usahanya,” ungkapnya.

Sugeng menambahkan, sambil merayu, tersangka Min meminjam uang tunai kepada korban Parji lagi. Kali ini tersangka meminjam uang sebesar Rp 400 Juta. Dan korban pun memberi tersangka uang tunai sebesar Rp 400 juta. “Tersangka tahu, kalau korban ini uangnya banyak, karena korban habis jual tanah dan rumah,” jelasnya.

Usai menyerahkan uang tunai tersebut, korban Parji belum curiga atas kelakuan tersangka. Namun setelah beberapa bulan kemudian, korban menanyakan uang bagi hasil. Karena tak kunjung diberi dan merasa janggal dengan omongan tersangka, akhirnya korban memastikan kebenaran kepada ibu tersangka. “Saat ditanya korban, ibu tersangka tak pernah usaha dan pinjam uang, baru korban Parji sadar kalau kena tipu,” jelasnya.

Karena kejadian tersebut, Parji melaporkan Min Bakdiyah ke Polsek Balongbendo. Dan akhirnya Unit Reskrim Polsek Balongbendo berhasil menangkap Min Bakdiyah. “Tersangka Min Bakdiyah, kita jerat dengan pasal 372 dan 378 tentang penipuan yang ancamannya 4 tahun penjara,” tegas Sugeng. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar