Hukum & Kriminal

Tingkatkan Pelayanan, Polres Gresik Launching Dumas Online

Gresik (beritajatim.com) – Guna meningkatkan pelayanan pengaduan masyarakat, Kepolisian Resort (Polres) Gresik melaunching layanan dumas online kriminal khusus. Terobosan keberadaan layanan ini untuk menyampaikan laporan dan teguran terhadap institusi kepolisian.

Sebelum mengedepankan layanan tersebut, Polres Gresik telah mendapat predikat Zona Intergitas (ZI). Selanjutnya, mendapat sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Sehingga, institusi kepolisian itu menjadi salah satu Polres percontohan di wilayah Indonesia. Khususnya di Jawa Timur.

“Keberadaan layananan dumas online itu, masyarakat bisa memberikan teguran apabila ada pelayanan Polres Gresik tidak maksimal,” kata Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro, Jumat (17/05/2019).

Lebih lanjut Wahyu Sri Bintoro mengatakan, dengan pengawasan Kementerian PAN-RB seluruh instansi pelayanan publik harus mempunyai komitmen yang sama. Yaitu, mencegah korupsi dan meningkatkan pelayanan publik. Untuk itu, pihaknya berharap, dengan inovasi baru ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Disamping itu, menjadi motivasi anggota untuk meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik.

“Masyarakat bisa melapirkan kinerja anggota Polri yang melakukan kesalahan,” tuturnya.

Sementara Kabag Wassidik Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Krishadi Permadi menyatakan, Polres Gresik merupakan salah satu Polres percontohan. Sehingga, ditunjuk untuk melaksanakan launching dumas online kriminal khusus.

“Layanan inovasi ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan perkara tindak pidana ekonomi. Selain itu, sebagai wadah pengaduan masyarakat terkait adanya penyimpangan oknum anggota,” ungkapnya.

Ada tiga macam pengaduan masyarakat yang dapat ditindaklanjuti. Pertama, perkara tindak pidana ekonomi. Kemudian, pengaduan perilaku anggota yang menyimpang serta pengaduan tindak pidana diluar tindak pidana ekonomi.

Launching pelayanan dumas online itu juga dihadiri Asisten III Sekretariat Pemkab Gresik, Tursilowanto, Kasdim 0817 Gresik Mayor Arh Suwanto. Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, diwakili Budi Prakoso, perwakilan buruh dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar