Hukum & Kriminal

Tim Cobra Lumajang Amankan Terduga Penipu Bisnis MLM Q-Net

Kapolres Lumajang, AKBP Arsal Sahban bersama tersangka penipu binis MLM Q-Net

Lumajang (beritajatim.com) – Tim Cobra Polres Lumajang menangkap MK (48) asal Kebonsari – Madiun yang melakukan penipuan puluhan warga dengan dalih bisnis Multi Level Marketing (MLM) Q-Net.Pasalnya, selain menipu warga Kota Pisang, tersangka melakukan peyekapan terhadap korbanya.

Informasi dihimpun di Mapolres Lumajang, Rabu (4/9/2019), tersangka mengiming-imingi korban dengan melakukan ivestasi dan jualan produk. Bahkan, sejumlah korban diajak ke Madiun untuk bekerja dan jualan produk dijanjikan gaji Rp. 3 juta sebulan.

Terungkapnya kasus ini, adanya laporan warga yang anaknya hilang saat ikut bisnis Q-net. Setelah dilacak, korban berada di Madiun dan diminta tinggal disebuah rumah. “Dari pengakuan korban pernah diminta untuk membayar uang 10 juta rupiah,” kata Kapolres Lumajang, AKBP Arsal Sahban pada wartawan.

Masih kata dia, dari penyelidikan dan penyidikan, ternyata ada bisnis money games. Para korban dijanjikan uang dan barang sebagai bonus tetapi tidak pernah ada kepastian.

“Dari para korban, mereka ikut bisnis ini banyak yang menjual harta bendanya dan kerugian capai puluhan juta,” ungkap Arsal lulussan S3 Hukum Bisnis Unpad Bandung itu.

Kini tersangka ditahan di Mapolres Lumajang untuk penyidikan lebih lanjut. Dia dijerat pasl 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman kurungan 10 tahun penjara. (har/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar