Hukum & Kriminal

Tersandung Kasus Penipuan, Caleg Nasdem Gresik yang Terpilih Ditahan

foto/ilustrasi

Gresik (beritajatim.com)- Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Gresik yang terpilih, dari partai Nasdem, Mahmud, malah ditahan karena tersandung kasus dugaan penipuan dan penggelapan atas penjualan tanah di Kecamatan Manyar, Gresik.

Mahmud resmi ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, Selasa (7/5) dan langsung dititipkan Rumah Tahanan (Rutan) Banjarsari Cerme, Gresik. “Iya benar, mas. Selasa sore kemarin tersangka kami titipkan di Rutan Banjarsari, Cerme,” kata Kasi Intel Kejari Gresik, Bayu Probo Sutopo, Kamis (09/05/2019).

Bayu mengakui tim jaksa menahan tersangka karena beberapa pertimbangan. Selain ancaman hukuman yang sudah membolehkan, juga dikhawatirkan tersangka akan merusak atau menghilangkan barang bukti (bb), bahkan melarikan diri.

Terlebih lagi tersangka adalah seorang public figure (tokoh) yang mempunyai banyak pendukung. Sehingga, ada kekhawatiran terjadinya perlawanan dari massa pro tersangka yang dapat menghambat proses hukum. “Kami melakukan penahanan agar proses persidangan bisa berjalan cepat dan lancar,” imbuhnya.

Bayu menambahkan, sekarang tim jaksa sedang meneliti berkas-berkas tersangka. Termasuk melakukan pengecekan terhadap isi dakwaannya. “Secepatnya akan segara kami limpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Gresik. Karena batas waktu (pelimpahan) yang diberikan sampai tanggal 26 bulan Mei,” tambahnya.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Rutan Banjarsari Cerme, Mahendra Sulaksana juga mengakui, bahwa pihaknya telah menerima titipan tahanan dari Kejari Gresik, atas nama Mahmud (54), warga Desa Banyuwangi, Kecamatan Manyar, Gresik. “Selasa sore kami menerima titipan dari Kejari Gresik,” pungkasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar