Hukum & Kriminal

Tak Punya Waktu Urus SIM? Dowload Aplikasi Ini

Surabaya (beritajatim.com) – Masyarakat Surabaya kini semakin dimanjakan dalam mengurus SIM (Surat Izin Mengemudi). Pasalnya, Polrestabes Surabaya memberikan solusi dan kemudahan kepada masyarakat Surabaya dalam mengurus SIM melalui aplikasi E SIM.

Aplikasi ini hadir agar masyarakat lebih mudah dalam mengurus SIM, khususnya pembuatan SIM baru.
Selain itu, masyarakat juga bisa menentukan jadwal dan tempat ujianya sendiri hanya melalui aplikasi tersebut.

Hal itu dibenarkan oleh Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pan Pandia saat ditemui pada deklarasi ‘Tolak Kerusuhan’ di depan Monumen Polisi Istimewa, Minggu (16/6/2019). Menurutnya, aplikasi E SIM sudah bisa download di smartphone masing-masing. Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa menentukan jadwal dan tempat ujian SIM.

Untuk bisa menentukan jadwal dan tempat ujian SIM sendiri, selain harus mengunduh aplikasi E SIM, setidaknya harus ada 15-20 orang yang ingin melakukan ujian dalam satu waktu dan tempat.

Pandia menuturkan, untuk ujian seperti ini dinamakan SIM Kolektif atau komunitas. Fungsi dan fisiknya tetap sama. Hanya saja, nanti dari pihak kepolisian yang mendatangi para pemohon yang akan melakukan ujian.

Dirinya juga memberikan perumpamaan, misalkan para pemohon tesnya dari kelompok pegawai bank, atau mereka karyawan yang ada di Sier, Rungkut. “Tentu kami akan kesana dan menggelar ujian di sana. Tergantung selesai kerja mereka jam berapa, misal jam 8 atau 9 malam itu mereka yang menentukan,” ujarnya.

Pandia menambahkan, dengan E SIM para pegawai tidak perlu lagi ke Satpas Colombo. Karena ujian bisa dilakukan di kantor sendiri. Namun pihaknya tetap mempersilahkan apabila hendak mengurus SIM di Colombo yang berada di Kecamatan Krembangan.

Tidak hanya itu, dalam E SIM ini juga tersedia menu ujian pra teori. Artinya, masyarakat bisa belajar teori-teori ujian SIM dalam aplikasi tersebut. Kasatlantas juga menambahkan, intinya setiap pemohonan bisa menjawab paling sedikit 20 dari 30 soal saja dalam uji teor dalam waktu 12 menit. Pasti akan lolos.

Dari pihaknya, menurut AKBP Eva Guna Pan Pandia akan selalu memudahkan pengurusan SIM bagi masyarakat. Selain bisa melakukan ujian kapanpun dan dimanapun melalui E SIM. Pihaknya juga menyediakan ujian praktek saat giat CFD di kawasan Darmo Kota Surabaya. [juf/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar