Hukum & Kriminal

Sukses Ungkap Kasus Pencabulan Anak, Polda Jatim Diapresiasi Kak Seto

Surabaya (beritajatim.com) – Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) melalui Seto Mulyadi alias Kak Seto memberikan apresiasi terhadap Polda Jatim yang menindak tegas dan menggulung kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur dengan pelaku MNM, Jumat (29/11/2019).

Kak Seto menambahkan, pihaknya terus memotivasi petugas dalam penanganan kasus ini sebaiknya ada penindakan yang tegas dan dikenakan sanksi seberat-beraynya.

“Kita juga sudah mengetahui ada hukuman kebiri dan lain sebagainya tapi rehabilitasi bukan hanya soal balas dendam. Petugas kedokteran juga tidak mau dengan hukuman ini kalau sifatnya tidak nenyembuhkan. Ini justru bisa menyadari, dan libidonya bisa ditekan, sehingga bagi pelaku sendiri supaya tidak mengulangi perbuatannya,” ujar Kak Seto.

Kak Seto menambahkan, dalam kasus ini korban jangan sampai dilupakan. Sebab selama ini kita sibuk dengan pelaku, tapi korban dilupakan. Untuk penanganan terhadap korban, sebaiknya melibatkan berbagai lembaga dan kementerian, kementrian pendidikan, sosial, dan lain sebagainya.

” Kemudian haknya untuk mendapatkan restitusi, penggantian dari pelaku. Tapi kalau tidak mungkin dari pelaku bisa dari lembaga negara. Sehingga massa depan korban lebih bagus. Terus jangan sampai dilupakan adalah treatmen khsusus bagi korban yakni psikologi dari penelitian kami, banyak pelaku yang dulu juga korban. Mudah-mudahan korban ini tak menyimpan dendam,” ujarnya. [uci/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar