Hukum & Kriminal

SPBU di Ponorogo Jual BBM Oplosan

Foto ilustrasi

Ponorogo (beritajatim.com) – Praktik curang dilakukan oleh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang beroperasi di Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo. SPBU yang berada di area persawahan jalan Sukorejo – Sampung tersebut melakukan pengoplosan BBM biosolar dengan premium dan pertamax.

“Kami dapat laporan dari warga, setelah kami selidiki ternyata benar. SPBU tersebut langsung kami segel,” kata Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Maryoko, Minggu (16/6/2019).

Jajarannya menangkap menangkap manager pom berinisial A dan petugas keamanan berinisial D. Mereka tertangkap basah sedang melakukan pengoplosan pada pukul 01.00 Minggu diri. “Aksi pengoplosan selalu dilakukan setiap malam hari, dari keterangan pelaku aksi curang itu dilakukan sejak 6 bulan lalu,” katanya.

Selain mengamankan kedua pelaku, pihaknya juga mengamankan beberapa barang bukti seperti selang, pipa dan nozel yang digunakan untuk mengoplos. Serta buku laporan keuangan harian.

Maryoko menyebut pelaku dijerat dengan undang-undang nomor 22 tahun 2001 pasal 54 dan 55 tentang menyalahgunakan bahan bakar minyak subsidi dengam aancaman hukuman maksimal 6 tahun. “Pelaku masih dalam pemeriksaan lebih lanjut. Kami juga berkordinasi dengan pertamina depo Madiun, apakah ada keterlibatan orang dalam,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar