Hukum & Kriminal

Sidang Perdana Mucikari Vanessa Angel Digelar Secara Terbuka

Surabaya (beritajatim.com) – Majelis hakim yang diketuai Anne Rusiana menggelar persidangan secara terbuka mucikari online yang mendudukkan dua terdakwa Endang Suhartini alias Siska dan Tentri Nivanta, Senin (25/3/2019).

Kedua terdakwa disidang secara terpisah, Endang Suhartini alias Siska disidang terlebih dahulu. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur Sri Rahayu membacakan dakwaan pada terdakwa Siska.

Siska dan Tentri diadili lantaran menjadi perantara bisnis prostitusi online dimana melibatkan beberapa publik figur salah satunya Vanessa Angel.

Seperti diberitakan sebelumnya, Vanessa Angel dan Avriellia Shaqqila ditangkap anggota Polda Jatim dalam kasus prostitusi online di Surabaya pada 5 Januari lalu. Dari kasus ini, polisi lantas menangkap dan menetapkan dua mucikari sebagai tersangka yaitu berinisial ES dan TN.

Bisnis haram yang dikelola mucikari ES dan TN sejak 2017 silam ini memiliki jaringan yang sangat besar, bahkan hingga ke luar negeri. Modus yang dipakai ES dan TN, pemesan wajib mentransfer uang muka 30 persen saat memboking dan sisanya dibayar ketika di hotel.

Tak hanya ES dan TN, Polda Jatim ternyata juga menetapkan Vanessa Angel sebagai tersangka atas kasus dugaan prostitusi online. Dari hasil gelar perkara, penyidik menemukan bukti bahwa Vanessa sering mengirim gambar dan video asusila ke mucikari. Dalam kasus tersebut, Vanessa dijerat dengan pasal 27 ayat 1 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). [uci/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar