Hukum & Kriminal

Seorang Ibu Rumah Tangga di Kediri Miliki Tagihan Game Online Rp 11 Juta

Kediri (beritajatim.com) – Gara-gara permainan game online, seorang ibu rumah tangga di Kabupaten Kediri, Jawa Timur mendapat tagihan pembayaran telepon pasca bayar hingga Rp 11.000.000. Tagihan tersebut diketahui dari penggunaan pembelian fitur dari game online yang dimainkan oleh anaknya yang berusia 12 tahun.

Dialah Ririn Ike Wulandari, warga Desa Wonorejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri yang terkejut karena mendapatkan tagihan pembayaran pulsa pasca bayar Rp 11.000.000. Dia mengunggah beberapa postingan di jejaring social facebook keluhannya ini.

Ditemui di rumahnya, Ririn mengaku, dari hasil penelusuan, tagihan tersebut berasal dari pembelian fitur game online tanpa sengaja yang dilakukan anaknya yang masih kelas 6 SD. Sang anak bermain di rumah dengan menggunakan telepon genggam orang tuanya.

Ririn mengaku, tagihan pembayaran tersebut dari 3 macam game online, yakn, mobile legend, mine craft, dan free fire. Tercatat sebanyak 41 transaksi pembelian diamond dari game online tersebut sejak tanggal 12, 13 dan 14 Maret lalu.

“Dari tagihan bulan April sebanyak Rp 6.745.000. Sedang transaksi tanggal 1 dan 2 April masuk tagihan bulan Mei senilai Rp 4.800.000,” kata Ririn di teras rumahnya, Kamis (11/4/2019).

Karena merasa tidak melakukan pembelian game, Ririn berusaha meminta operator seluler yang digunakannya untuk membatalkan atau meminta refund, atau pengembalian pembayaran. Namun permintaan tersebut gagal.

“Saya hanya diberi solusi untuk membayar tagihanya secara dicicil dengan tenggang waktu hingga enam bulan kedepan,” imbuh wanita berhijab ini.

Selain upaya meminta refund ke operator seluler, Ririn juga meminta pembatalan transaksi ke google play dan sempat ditolak, karena klaimnya tidak menggunakan akun email suaminya sesuai yang terdaftar di google.

Setelah terus dilakukan upaya klaim permintaan, Ririn hanya bisa menerima klaim pada transaksi pada tanggal 1 dan 2 April, meski tidak semua transaski dikabulkan dengan nilai refund Rp 1.197.000. [nng/ted].

Apa Reaksi Anda?

Komentar