Hukum & Kriminal

Sebulan 7 Pencuri Ditembak Polres Tuban, Ini Datanya

Tuban (beritajatim.com) – Dalam kurun waktu sekitar satu bulan terakhir, petugas dari jajaran anggota Resmob Sat Reskrim Polres Tuban berhasil mengungkap dan meringkus sebanyak tujuh orang pelaku pencurian dengan berbagai modus dan sasarannya.

Tujuh pelaku pencurian yang berhasil ditangkap pada bulan Mei dan bulan Juni 2019 ini merupakan pelaku pencurian spesialis sepeda motor, pencurian rumah kosong, pencurian beras dan juga sepeda angin. Semua pelaku terpaksa dilumpuhkan bngun oleh polisi dengan menggunakan timah panas.

Data yang dihimpun beritajatim.com, sebanyak tujuh orang pelaku kriminal tersebut telah menjadi incaran petugas kepolisian Polres Tuban selama beberapa bulan terakhir. Dua orang merupakan pelaku Curanmor, dua pelaku pencurian rumah kosong, dua pelaku pencurian beras dan satu pelaku merupakan spesialis pencuri sepeda gunung.

“Kita jajaran Polres Tuban untuk selalu berupaya memberikan rasa aman kepada masyarakat. Salah satunya dengan mengungkap kasus-kasus Curas (pencurian dengan kekerasan) dan juga Curat (pencurian dengan pemberatan) maupun Curanmor,” terang AKBP Nanang Haryono, Kapolres Tuban, Jumat (14/6/2019).

Adapun untuk kasus-kasus yang berhasil diungkap dengan ditangkapnya tujuh pelaku itu merupakan kasus pencurian beberapa bulan terakhir. Termasuk kasus pencurian sepeda motor yang baru sekitar satu bulan ini terjadi di wilayah Kota Tuban yang pelaku beraksi pada siang hari.

“Ini kasus yang kita ungkap merupakan kejadian beberapa bulan terakhir ini. Kasus paling lama adalah pelaku pencurian beras di gudang, karena pelaku ini selalu pindah-pindah tempat dan saat akan ditangkap justru berani melawan,” tambahnya.

Dalam pengungkapan kasus-kasus kriminalitas itu termasuk kejadian Curanmor itu, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti hasil kejatahan pelaku. Diantaranya adalah empat sepeda gunung dan empat sepeda motor yang sebelumnya berhasil diembat oleh para pelaku itu.

“Kita terus berkomitmen untuk mengungkap kasus-kasus kejahatan di wilayah hukum Polres Tuban, kita akan terus kejar para pelaku. Kita sangat mengapresiasi kerja keras dari jajaran Sat Reskrim Polres Tuban khususnya Macan Ronggolawe yang telah mengungkap kasus-kasus ini,” pungkasnya.

Adapun untuk dua pelaku Curanmor yang ditangkap adalah, Candra Siregar (33), asal Kelurahan Karang, Semanding, Tuban dan Dedi Gunawan (37), warga Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jateng. Untuk spesialis pencurian sepeda gunung adalah Yoto (37), warga Desa Kembangbilo, Kota Tuban.

Dua spesialis pembobol rumah adalah Imam Mahjud (35), asal Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Jombang, dan Zaki (30), Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno, Jombang. Dan dua pencuri beras adalah Suryadi (38), warga Desa Manjung, Kecamatan Montong, Tuban dan Dariyanto (28), asal Desa Prataan, Parengan, Tuban.[mut]

Apa Reaksi Anda?

Komentar