Hukum & Kriminal

Rumah Makan Pecel Ayu Banyuwangi Dibobol Maling, Uang Rp 27 Juta Raib

Banyuwangi (beritajatim.com) – Rumah Makan Pecel Ayu di Jalan Adi Sucipto No.60 Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi, dibobol maling. Uang senilai Rp 27 juta raib.

Kejadian ini diperkirakan terjadi pada Jumat (12/4/2019) dini hari. Saat itu, kondisi warung sedang kosong lantaran telah ditinggalkan pemiliknya sejak Kamis (11/4/2019) sore.

“Kata pemilik warung, Sulistyowati (58), dia telah meninggalkan lokasi usahanya menuju Perum Griya Dadapan Indah di Jalan Raya Jember, Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, bersama dua orang pegawainya, sore sekitar jam 16.00 WIB,” terang Kanit Reskrim Polsek Kota Banyuwangi, Ipda Nurmansyah, Sabtu (13/4/2019).

Keesokannya, kata Nurman, pemilik warung kembali ke rumah makan dan melihat pintu kamar dalam kondisi rusak dan terbuka. Merasa curiga korban langsung mengecek isi kamar.

“Uang tunai dalam lemari ternyata tidak ada. Lalu mengecek uang dalam Laci kasir juga hilang. Akibat kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sebesar Rp 27 juta,” ungkapnya.

Melihat kondisi itu, pemilik kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Banyuwnagi Kota. Upaya pengungkapan kasus pun langsung digelar polisi.

“Sekitar pukul 20.00 WIB, pascakejadian, kami bersama 4 anggotanya melaksanakan penangkapan terhadap Ary Setyawan (47), di Jalan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro,” katanya.

Pengungkapan kasus ini diperkuat adanya rekaman CCTV di lokasi kejadian. Polisi berhasil mengenali pelaku dari gerak dan ciri-ciri dalam rekaman tersebut.

“Pelaku aslinya warga Dusun Srono, Desa Kebaman, Kecamatan Srono. Dia bekerja di Sukowidi, Kelurahan Klatak. Jadi lokasi penangkapan di tempat kerja pelaku,” Imbuhnya.

Dalam rekaman video itu juga terlihat cara pelaku melakukan aksinya.

“Pelaku masuk ke dalam warung dengan cara memanjat pagar lalu naik ke atas genteng. Dulu dia adalah karyawan Pecel Ayu. Pakaian yang dikenakan saat beraksi kita sita. Uang Rp 27 juta hanya sisa Rp 11,9 juta,” pungkasnya. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar